Kampanye Public Relations program stopan jabar sebagai upaya menurunkan perkawinan anak di Jabar: Studi kasus pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana provinsi Jawa Barat

Salsabila, Ratu Salma (2024) Kampanye Public Relations program stopan jabar sebagai upaya menurunkan perkawinan anak di Jabar: Studi kasus pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy

Abstract

Humas pemerintahan merupakan bagian struktur pemerintahan yang fokus dalam membangun hubungan baik antara pemerintah dengan masyarakat. Tugas utama humas pemerintahan yaitu melibatkan penyampaian informasi kepada khalayak, menjelaskan kebijakan yang ditetapkan pemerintah, membangun dan mengelola citra perusahaan dan merespon berbagai isu yang beredar dikalangan masyarakat. Perkawinan anak merupakan salah satu isu yang beredar dikalangan masyarakat, dengan melonjaknya angka perkawinan anak di jawa barat Gubernur Jawa Barat meminta DP3AKB Provinsi Jawa Barat untuk menjalankan program “Stopan Jabar” (Stop Perkawinan Anak di Jabar) secara daring dan juga luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan kampanye Public Relations DP3AKB Provinsi Jawa Barat pada Program Stopan Jabar melalui proses identifikasi masalah, pengelolaan yang terbagi menjadi perencanaan dan pelaksanaan serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan model kampanye Leon Ostegaard dan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang menggambarkan secara detail dan mengumpulkan data yang valid kegiatan kampanye public relations program stopan jabar dengan teknik pengumpulan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa DP3AKB Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan Kampanye public relations dengan tiga tahapan. Pertama tahap Identifikasi Masalah yaitu mengenai analisis faktor tingginya angka perkawinan anak dijabar dan landasan kampanye program Stopan Jabar. Kedua tahap Pengelolaan yang membahas dua tahapan yaitu perencanaan dalam menentukan target sasaran, perancangan pesan, pemilihan komunikator dan juga media. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan kampanye berbasis seminar, webinar atau gabungan serta pembinaan untuk disampaikan kepada masyarakat secara continue. Ketiga tahap Evaluasi yang dilakukan oleh DP3AKB Provinsi jawa barat yaitu melakukan monitoring serta memantau indikator ketercapaian kampanye program stopan jabar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampanye public relations; Leon Ostegaard; perkawinan anak
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Political Process > Campaigns for Nominations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: ratu salma salsabila
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:32
Last Modified: 10 Jul 2024 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90772

Actions (login required)

View Item View Item