Aktivitas siswa mengikuti kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah hubungannya dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian terhadap siswa di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung

Ayuni, Fika Tri (2024) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah hubungannya dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian terhadap siswa di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pentingnya memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa. Salah satu faktornya adalah melalui keterlibatan dalam organisasi, terutama organisasi yang memiliki nilai-nilai keagamaan seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa motivasi belajar di Indonesia masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya karena kurangnya motivasi eksternal atau dari luar diri. Hal tersebut membuat peneliti melakukan penelitian ini untuk melihat adakah hubungan antara aktivitas siswa mengikuti Ikatan Pelajar Muhammadiyah dengan motivasi belajar PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) realitas aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan organisasi IPM di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung, 2) realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung, dan 3) realitas hubungan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung. Berdasarkan teori yang terdapat dalam penelitan ini dilandaskan pada pemikiran bahwa organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah merupakan wadah kegiatan intrakurikuler yang dapat menjadi salah satu faktor penting yang berkontribusi pada motivasi belajar PAI siswa. Motivasi belajar adalah dorongan dari diri siswa untuk mencapai tujuan belajar. Melalui kegiatan-kegiatan keagamaan dan pengembangan diri yang diadakan oleh IPM, siswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman yang mendalam dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai agama Islam dan meningkatkan motivasi belajar PAI. Maka dari itu, rumusan hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas siswa mengikuti kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, sebaliknya semakin rendah aktivitas siswa mengikuti kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah, maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah metode korelasi untuk mengukur tingkat hubungan antara dua variabel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas siswa dalam kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah mendapat tanggapan positif dengan nilai akhir 4,16 (interpretasi tinggi). 2) motivasi belajar PAI siswa juga berada pada kualitas tinggi dengan nilai akhir 4,23. dan 3) Hubungan antara aktivitas organisasi IPM dan motivasi belajar PAI siswa berada pada tingkat hubungan sedang dengan koefisien korelasi 0,497. Uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan (thitung = 3,620 > ttabel = 1,684), dengan kontribusi aktivitas organisasi IPM terhadap motivasi belajar PAI sebesar 24,7%, sementara 75,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. ENGLISH: This research is based on the idea that it is important to understand the factors that can enhance students' motivation to learn Islamic Religious Education (PAI). One such factor is involvement in organizations, especially those with religious values like the Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Previous research has shown that learning motivation in Indonesia is still relatively low, often due to a lack of external motivation. This prompted the researcher to investigate whether there is a relationship between students' activities in the Ikatan Pelajar Muhammadiyah and their motivation to learn PAI. The objectives of this research are to determine: 1) the reality of student activities in the IPM organization at SMK Muhammadiyah 2 Cibiru, Bandung City, 2) the reality of students' learning motivation in PAI subjects at SMK Muhammadiyah 2 Cibiru, Bandung City, and 3) the reality of the relationship between students' activities in the IPM organization and their motivation to learn PAI at SMK Muhammadiyah 2 Cibiru, Bandung City. The Ikatan Pelajar Muhammadiyah organization is an extracurricular activity platform that can be a significant factor contributing to students' motivation to learn PAI. Learning motivation is the drive within students to achieve learning goals. Through the religious and self-development activities organized by IPM, students are expected to gain deep experiences in understanding and applying Islamic values and enhancing their motivation to learn PAI. Thus, the hypothesis proposed is that the higher the students' involvement in IPM activities, the higher their motivation to learn PAI, and conversely, the lower their involvement in IPM activities, the lower their motivation to learn PAI. The method used is the correlation method to measure the degree of relationship between two variables. Data collection techniques included observation, interviews, questionnaires, and document studies. Data analysis techniques involved partial indicator analysis and correlation analysis. The results showed that: 1) students' activities in the IPM organization received positive feedback with a final score of 4.16 (high interpretation). 2) students' motivation to learn PAI was also of high quality with a final score of 4.23. and 3) the relationship between IPM organizational activities and students' motivation to learn PAI was at a moderate level with a correlation coefficient of 0.497. Hypothesis testing indicated a significant relationship (tcount = 3.620 > ttable = 1.684), with the contribution of IPM organizational activities to PAI learning motivation at 24.7%, while the remaining 75.3% was influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Organisasi IPM;Motivasi; Pendidikan Agama Islam
Subjects: General Organizations in Indonesia
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fika Tri Ayuni
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:49
Last Modified: 09 Jul 2024 08:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90790

Actions (login required)

View Item View Item