Pengaruh rasio keuangan metode grover terhadap prediksi Financial Distress: Studi pada perusahaan Perbankan Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2023

Alviani, Astri (2024) Pengaruh rasio keuangan metode grover terhadap prediksi Financial Distress: Studi pada perusahaan Perbankan Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan antar perbankan di Indonesia yang semakin berkembang membuat perusahaan perbankan harus bisa mempertahankan eksistensinya agar dapat bersaing dan tidak mengalami kesulitan keuangan yang dapat berakibat pada keuangan perusahaan yang menimbulkan potensi kebangkrutan. Penelitian ini dilakukan dalam tujuan mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari variabel rasio keuangan Grover terhadap prediksi financial distress. Metode Grover digunakan sebagai pengukuran prediksi financial distress pada penelitian ini dengan objek penelitian perusahaan perbankan syariah yang terdaftar di BEI periode 2013-2023. Financial distress merupakan sinyal pertama untuk perusahaan sebelum masa kebangkrutan. Secara umum merupakan situasi ketika perusahaan sudah tidak sanggup lagi memenuhi utangnya. Maka dari itu, pihak manajemen mesti cepat tanggap dalam mencari cara ataupun tindakan untuk mencegah dan mengatasi masalah kebangkrutan tersebut. Keadaan yang menyebabkan financial distress antara lain adanya kekurangan modal dan besarnya tingkat utang serta bunga sehingga menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling sehingga memperoleh 2 perusahaan perbankan syariah dalam kurun waktu 11 tahun (2013-2023) dengan jenis data nya yaitu data panel dengan metode pemilihan data dan analisis regresi linier berganda dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang dihasilkan menyatakan bahwa secara parsial terdapat tiga rasio keuangan yang berpengaruh terhadap prediksi financial distress, sedangkan secara simultan rasio Grover berpengaruh terhadap prediksi financial distress dengan memberikan penjelasan terhadap variabel prediksi financial distress yang sangat kuat sebesar 99.4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prediksi financial distress; Metode Grover; Rasio Keuangan
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: astri alviani astri
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:09
Last Modified: 10 Jul 2024 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90806

Actions (login required)

View Item View Item