Strategi pemberdayaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sarang Lebah dalam meningkatkan minat baca: Studi deskriptif kualitatif di Cisela Desa Mekarjaya Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut

Amelia, Reska (2024) Strategi pemberdayaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sarang Lebah dalam meningkatkan minat baca: Studi deskriptif kualitatif di Cisela Desa Mekarjaya Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Minat baca masyarakat Indonesia tergolong sangat rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh berbagai survei yang menempatkan Indonesia pada peringkat yang buruk dalam hal literasi. Rendahnya minat baca juga menjadi tantangan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Taman Bacaan Masyarakat (TBM) seperti TBM Sarang Lebah memiliki peran penting dalam meningkatkan minat baca dan memberdayakan masyarakat. Diperlukan strategi pemberdayaan yang efektif untuk menarik minat masyarakat, terutama generasi muda, agar mereka aktif berkunjung dan membaca. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui program pemberdayaan Taman Bacaan Masyarakat Sarang Lebah dalam meningkatkan minat baca masyarakat, mengetahui bagaimana proses pemberdayaan yang dilakukan TBM Sarang Lebah dalam meningkatkan minat baca, dan hasil pemberdayaan Taman Baca Masyarakat (TBM) Sarang Lebah dalam meningkatan minat membaca masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode studi deskrptif dan pendekatan kualititif. Metode ini digunakan untuk menggambarkan lebih rinci mengenai objek yang diteliti. Metode untuk mendapatkan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat menurut Jim Ife (1997) yang menjelaskan bahwa pemberdayaan ialah memberikan sumber daya, kesempatan, pengetahuan, keterampilan kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menentukan masa depan dan berpartisipasi pada upaya mempengaruhi kehidupan dari kelompoknya. Dalam penelitiannya, penulis memiliki temuan sebagai berikut : TBM Sarang Lebah menggunakan pendekatan partisipatif dan holistik melalui berbagai program inovatif, berhasil menggerakkan minat baca, memperkuat kapasitas masyarakat, dan memperluas literasi dengan memanfaatkan teknologi sederhana dan pendekatan bottom-up. TBM juga berkontribusi pada aspek sosial dan ekonomi melalui kegiatan gotong royong dan pelatihan keterampilan ekonomi. Keberhasilan tersebut tercermin dalam peningkatan literasi, pengembangan kapasitas ekonomi, penguatan ikatan sosial, dan partisipasi aktif masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca; Strategi Pemberdayaan; Taman Bacaan Masyarakat
Subjects: Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Reska Amel RESKA AMELIA
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:12
Last Modified: 10 Jul 2024 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90825

Actions (login required)

View Item View Item