Kegiatan digital Public Relations Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung pada media Whatsapp guna meningkatkan Rating Google Bisnisku: Studi deskriptif kualitatif pada Unit Humas Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung

Adipratama, Favian Darry (2024) Kegiatan digital Public Relations Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung pada media Whatsapp guna meningkatkan Rating Google Bisnisku: Studi deskriptif kualitatif pada Unit Humas Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

Whatsapp merupakan media komunikasi bertukar pesan secara langsung. Whatsapp dapat digunakan oleh perusahaan untuk melayani pelanggan dan menyertakan link apresiasi media Google Bisnisku guna mendapatkan perhatian dari publik secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Unit Humas RSMB dalam melakukan kegiatan digital public relations pada media Whatsapp yang bertujuan untuk meningkatkan rating media Google Bisnisku dengan merujuk pada empat konsep dasar kegiatan digital public relations 4C yang digagas oleh David Armano, ialah: Content (Konten), Context (Konteks), Connectivity (Konektivitas), dan Continuity (Kontinuitas). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dituangkan melalui metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara mendalam. Aspek konten (content) yang dimiliki oleh Unit Humas RSMB dibuat berdasarkan dengan kebutuhan pelanggan. Aspek ini digunakan untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan. Aspek konteks (context) yaitu Unit Humas RSMB menggunakan konteks pesan berdasarkan latar belakang pelanggan yang dapat dilihat melalui SIMRS. Aspek Konektivitas (connectivity) yaitu Unit Humas RSMB menjalin konektivitas dengan menerapkan prosedur kerja dalam melayani yaitu respon cepat, kejelasan informasi, dan keramahan. Aspek kontinuitas (continuity) yaitu Unit Humas RSMB menjalin keberlanjutan dengan cara menemukan titik permasalahan dan evaluasi secara menyeluruh untuk memperbarui pelayanan menjadi lebih baik. Pemberian kesan baik pada pesan Whatsapp merupakan hal mikro yang perlu diperhatikan dalam membangun citra sebuah perusahaan pada media digital. Rating baik pada media Google Bisnisku memberikan kesempatan perusahaan dapat bersaing dalam era modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations; Whatsapp; Google Bisnisku; Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Audiences
Social Process > Public Opinion
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Wireless Communications
Communications Telemunications > Telephon
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: favian darry adipratama
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:03
Last Modified: 10 Jul 2024 07:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90854

Actions (login required)

View Item View Item