Fenomena wali hakim dalam perkawinan masyarakat Tanggeung Kabupaten Cianjur; Studi kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur

Ramadhan, Aldi (2024) Fenomena wali hakim dalam perkawinan masyarakat Tanggeung Kabupaten Cianjur; Studi kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER...pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Permasalahan yang kerap terjadi di kalangan masyarakat mengenai wali nikah seringkali ditimbulkan oleh wali nikah yang paling berhak diantaranya ternyata tidak bersedia atau bahkan menolak untuk menjadi wali bagi calon mempelai perempuan dengan berbagai alasan, termasuk alasan – alasan yang berdasarkan syara maupun non syara sehingga menimbulkan hambatan untuk melangsungkan pernikahan antara laki-laki dan perempuan yang saling mencintai. Tujuan penelitian diantaranya: 1) untuk mengetahui faktor penyebab fenomena wali hakim dalam pelaksanaan perkawinan masyarakat Tanggeung; 2) untuk mengetahui prosedur penerapan wali hakim dalam pelaksanaan perkawinan masyarakat Tanggeung; dan 3) untuk mengetahui dan menjelaskan tinjauan fiqh dan peraturan perundang-undangan dari fenomena wali hakim dalam pelaksanaan perkawinan masyarakat Tanggeung. Peraturan pemerintah mengenai wali Hakim dimuat dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2005 dengan pernyataan bahwa terdapat beberapa sebab perpindahan dari wali nasab ke wali hakim diantaranya yakni tiadanya wali nasab yang berhak, wali nasab tidak memenuhi syarat dan wali nasab mafqud. Metode penelitian yang diterapkan dalam penyusunan skripsi ini diantaranya penelitian ini dalam metodenya menggunakan deskriptif analitis, pendekatan penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris, Terdapat 3 (tiga) sumber yang digunakan yakni sumber data primernya hasil wawancara, sumber data sekundernya merupakan data yang diperoleh dari berbagai macam buku literatur dan sumber data tersiernya bersumber dari jurnal, makalah, website yang berkaitan dengan masalah penelitian. Faktor penyebab terjadinya fenomena penerapan wali hakim dalam perkawinan masyarakat Tanggeung di KUA Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur diantaranya: putusnya wali nasab (Mafkud), wali nasab yang enggan menikahkan (Adhol), dan tempat tinggal wali nasab tidak diketahui keberadaanya. Prosedur penerapan wali hakim dalam pelaksanaan perkawinan masyarakat Tanggeung di KUA Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur bahwa Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan bertindak sebagai wali hakim dalam perkawinan jika mempelai wanita tidak memiliki wali nasab yang memenuhi syarat atau wali nasabnya tidak dapat melaksanakan tugasnya. Tinjauan fiqih dan peraturan perundang-undangan terhadap fenomena Wali Hakim dalam pelaksanaan perkawinan masyarakat Tanggeung di KUA Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur menggunakan pandangan dari Mazhab Hanafiyah dengan kerangka hukum positif yang tercantum dalam beberapa undang-undang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wali Hakim; Perkawinan; tinjauan Fiqih
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Culture and Institutions > Marriage
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Ramadhan Aldi
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:12
Last Modified: 10 Jul 2024 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90898

Actions (login required)

View Item View Item