Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Growth Opportunity Terhadap Cash Holding pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Citatah, Tbk. periode 2012-2022

Camila, Vanisa (2024) Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Growth Opportunity Terhadap Cash Holding pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Citatah, Tbk. periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya perusahaan untuk melakukan Cash Holding (penahanan kas) guna menjaga likuiditas perusahaan. Tingkat likuiditas sangat erat kaitannya dengan ketersedian kas pada perusahaan. Cash Holding dapat digunakan dalam kegiatan operasi maupun membayar kewajiban perusahaan. Rasio Profitabilitas memiliki dampak terhadap kuantitas kas yang dimiliki. Variabel Return On Asset (ROA) dan Growth Opportunity (peluang pertumbuhan) digunakan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Return On Asset (ROA) secara parsial terhadap Cash Holding pada PT. Citatah, Tbk; untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Growth Opportunity secara parsial terhadap Cash Holding PT. Citatah, Tbk; untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Return On Asset (ROA) dan Growth Opportunity secara simultan terhadap Cash Holding PT. Citatah, Tbk. Menurut kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini, Return On Asset (ROA) dan Growth Opportunity memiliki pengaruh positif terhadap Cash Holding. Dengan demikian, teori yang dapat disimpulkan adalah bahwa jika Return On Asset (ROA) dan Growth Opportunity naik, maka Cash Holding pun akan mengalami kenaikan dan begitupun sebaliknya jika Return On Asset (ROA) dan Growth Opportunity mengalami penurunan, maka Cash Holding pun akan mengalami penurunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi PT. Citatah, Tbk periode 2012-2022. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif serta analisis signifikansi. Pengelolaan dan perhitungan data menggunakan Software SPSS for Windows versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Return On Asset (ROA) secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Cash Holding dibuktikan dengan hasil uji t nilai t_hitung< t_tabel yakni (-0.618 < 2,306) dengan nilai signifikansi sebesar (0,552 > 0,05). 2) Growth Opportunity secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Cash Holding dibuktikan dengan hasil uji t nilai t_hitung< t_tabel yakni (0.397 < 2,306) dengan nilai signifikansi sebesar (0,701 > 0,05). 3) Return On Asset (ROA) dan Growth Opportunity secara simultan tidak berpengaruh terhadap Cash Holding dibuktikan dengan hasil uji f nilai f_hitung< f_(tabel )yaitu 0,170 < 4.46 dan nilai signifikasi 0,847 > 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA); Growth Opportunity; Cash Holding
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Vanisa Camila
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:59
Last Modified: 10 Jul 2024 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90912

Actions (login required)

View Item View Item