Pengaruh pendapatan premi dan beban klaim serta pendapatan investasi terhadap laba: Penelitian di PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin periode 2012-2022

Koswara, Salsabila Apriliah (2024) Pengaruh pendapatan premi dan beban klaim serta pendapatan investasi terhadap laba: Penelitian di PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh laporan keuangan yang tidak sesuai dengan teori bahwa laba perusahaan asuransi dipengaruhi oleh jumlah pendapatan premi, beban klaim dan pendapatan investasi perusahaan. Pada perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, junlah pendapatan premi, beban klaim, dan pendapatan investasi perusahaan mengalami perkembangan yang fluktuatif setiap tahunnya sehingga data empiris tidak sesuai dengan teori yang ada. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pengaruh pendapatan premi, beban klaim, dan pendapatan investasi terhadap laba PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh pendapatan premi secara parsial terhadap laba PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, mengetahui dan menganalisa pengaruh beban klaim secara parsial terhadap laba PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, mengetahui dan menganalisa pengaruh pendapatan investasi secara parsial terhadap laba PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, mengetahui dan menganalisa pengaruh pendapatan premi, beban klaim, dan pendapatan investasi secara simultan terhadap laba PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi pendapatan premi dan pendapatan investasi maka laba perusahaan akan meningkat, dan semakin rendah beban klaim maka laba perusahaan akan meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif, Uji asumsi klasik, Analisis asosiatif yang terdiri dari regresi sederhana dan berganda, kolerasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi dan Analisis Uji Hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) secara parsial pendapatan premi berpengaruh terhadap laba dengan nilai koefisien determinasi sebesar 90,4% (2) secara parsial beban klaim berpengaruh terhadap laba dengan nilai koefisien determinasi sebesar 50.5%. (3) secara parsial pendapatan investasi berpengaruh terhadap laba dengan nilai koefisien determinasi sebesar 65,7%. (4) secara simultan peendapatan premi, beban klaim, dan pendapatan investasi berpengaruh terhadap laba dengan nilai koefisien determinasi 93,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendapatan premi; beban klaim; pendapatan investasi; laba
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Salsabila Apriliah Koswara
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:07
Last Modified: 10 Jul 2024 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90913

Actions (login required)

View Item View Item