Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage terhadap Earning Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. periode 2013-2022

Aryani, Fatimah Lisa (2024) Pengaruh Financial Leverage dan Operating Leverage terhadap Earning Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya pada saham-saham syariah. Dimana para investor akan berlomba-lomba untuk berinvestasi pada perusahaan yang memiliki nilai Earning Per Share yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Leverage adalah bentuk ketergantungan yang lebih diandalkan beberapa perusahaan daripada hutang. Leverage adalah penggunaan aset dan sumber pendanaan dengan biaya tetap untuk mendongkrak keuntungan pemegang saham. Hutang dapat membantu bisnis membayar lebih sedikit pajak dan meningkatkan laba operasinya. Dimana utang dapat digunakan untuk membeli aset, membayar bunga utang, dan meninggalkan sisanya untuk pemegang saham. Financial Leverage dan Operating Leverage adalah dua kategori leverage. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara variabel Financial Leverage dan Operating Leverage terhadap Earning Per Share pada PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. periode 2013-2022. Penelitian ini didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Financial Leverage dan Operating Leverage merupakan bentuk utang yang berpotensi meningkatkan pendapatan perusahaan sekaligus juga dapat menimbulkan risiko. Jika Earning Per Share yang dimiliki Financial Leverage tinggi, maka investor akan mempertahankan modalnya diperusahaan tersebut dengan begitu Operating Leverage pun ikut meningkat. Metode penelitian yang digunakan berupa metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder runtun waktu (time series) yang didapat dari laporan keuangan PT. Plaza Indonesia Realty Tbk periode 2013-2022 yang sudah terpublikasi. Metode analisis yang digunakan yakni analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji kuantitatif dengan software olah data SPSS V.26. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Financial Leverage secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share dan Operating Leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share. Kemudian Financial Leverage dan Operating Leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financial Leverage; Operating Leverage; Earning Per Share
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Fatimah Lisa Aryani
Date Deposited: 12 Jul 2024 10:11
Last Modified: 12 Jul 2024 10:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91014

Actions (login required)

View Item View Item