Peran kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas unit kegiatan santri : Studi deskriptif kualitatif di pondok pesantren al-ihsan Cibiru Hilir

Apriliani, Nida (2024) Peran kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas unit kegiatan santri : Studi deskriptif kualitatif di pondok pesantren al-ihsan Cibiru Hilir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pribadi pemimpin Pondok Pesantren Al-Ihsan dalam meningkatkan kualitas unit kegiatan santri, peran pemimpin Pondok Pesantren Al-Ihsan dalam memanfaatkan sumber informasi, serta untuk mengetahui peran pengambilan keputusan pemimpin Pondok Pesantren Al-Ihsan dalam meningkatkan kualitas unit kegiatan santri. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori menurut Henry Mintzberg yang menjelaskan bahwa peran kepemimpinan itu terdiri dari interpesonal role (peran pribadi) meliputi Figurehed, Leader dan Liaison. Informational role (pembawa informasi) meliputi Monitor, Disseminator, dan Spoke person. Serta decisional role (pengambilan keputusan) yang meliputi Entepreneur, Distrubance handler, Resource allocator dan Negotiator. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme untuk melihat fenomena dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan meneliti kondisi obyek alamiah secara nyata dan mendalam serta menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan atau penggambaran sesuatu yang ditemui secara lengkap dan terperinci. Maka risetnya dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi.Kemudian digunakanlah teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, display data, tafsir data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir menjalankan peran pribadi dengan selalu menghadiri,memotivasi dan memberi pengarahan dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh unit kegiatan santri, namun pada peran sumber informasi pemimpin melakukan pendelegasian dalam menerima dan menyebar luaskan informasi yang diperoleh, adapun peran pemimpin dalam pengambilan keputusan, pemimpin berperan sebagai wirausahawan, penengah keributan,pengalokasian sumber daya untuk melakukan kolaborasi dengan pihak luar dan negosiator dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada unit kegiatan santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan; Pondok Pesantren; Unit kegiatan Santri
Subjects: Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Nida Apriliani
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:29
Last Modified: 11 Jul 2024 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91106

Actions (login required)

View Item View Item