Atraksi personal jama'ah majelis taklim dalam mengikuti khitobah ta'tsiriyah : Penelitian di Majelis Taklim Jami' Al-Fatah Desa Pasirwaru

Lestari, Neng Ayu (2024) Atraksi personal jama'ah majelis taklim dalam mengikuti khitobah ta'tsiriyah : Penelitian di Majelis Taklim Jami' Al-Fatah Desa Pasirwaru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi jamaah Majelis Taklim dalam kegiatan khitobah ta'tsiriyah di Masjid Jami' Al-Fatah Desa Pasirwaru menunjukkan atraksi personal yang menarik untuk diteliti. Keaktifan dan antusiasme jamaah dalam merespons serta mengambil bagian dalam khitobah ta'tsiriyah menjadi subjek utama penelitian ini. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi atraksi personal jamaah terhadap kegiatan tersebut, serta dampaknya terhadap pengembangan diri dan kehidupan berjamaah di komunitas tersebut. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana motivasi Jama’ah majelis taklim, daya tarik Jama’ah Majelis Taklim, relasi Jama’ah Majelis Taklim Desa pasirwaru melalui kegiatan khitobah ta’tsiriyah. Teori yang digunakan yaitu teori atraksi interpersonal yang dikemukakan oleh Jalaluddin Rakhmat (1986) Teori ini menjelaskan bahwa atraksi interpersonal melibatkan kesukaan, sikap positif, dan daya tarik seseorang terhadap orang lain, yang menciptakan kecocokan di antara individu-individu yang terlibat dalam komunikasi interpersonal. Dengan demikian, rumusan masalah penelitian ini dapat dihubungkan dengan teori tersebut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini motivasi, daya tarik dan relasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode penulisan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, ini dilakukan berkaitan mengenai mengamati secara langsung interaksi antara jamaah, selanjutnya wawancara dapat dilakukan kepada informan yang mengikuti kegiatan khitobah ta’tsiriyah dan terakhir dokumentasi meliputi poto, video, pada kegiatan khitobah ta’tsiriyah. Dan Teknik penelitian analisis data yang digunakan yaitu pertama melalui reduksi data, selanjutnya penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self motivation adalah faktor pendorong utama partisipasi jama'ah dalam khitobah ta'tsiriyah. Selain itu, pentingnya menambah pengetahuan agama dan mempererat silaturahmi juga merupakan motivasi utama yang mendorong keikutsertaan dalam kegiatan ini. Relevansi materi pengajian yang dibahas dalam khitobah ta'tsiriyah terbukti meningkatkan partisipasi jama'ah, karena materi yang disampaikan bersifat aplikatif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Peran ustadz dan kualitas penyampaian materi juga sangat signifikan dalam meningkatkan daya tarik kegiatan, di mana ustadz yang komunikatif dan metode pengajaran yang menarik mampu memikat jama'ah. Terakhir, interaksi sosial yang terjadi dalam kegiatan khitobah ta'tsiriyah terbukti mampu menguatkan spiritual jama'ah, menciptakan lingkungan yang harmonis dan penuh keakraban. Implikasi yang muncul kegiatan khitobah ta'tsiriyah adalah peningkatan partisipasi aktif jama'ah, penguatan ikatan sosial, dan penanaman nilai-nilai keagamaan yang lebih mendalam, sehingga menciptakan komunitas yang lebih harmonis dan religius.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Atraksi interpersonal; Khitobah Ta’tsiriyah; Majelis Taklim
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Neng Ayu Lestari
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:02
Last Modified: 11 Jul 2024 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91121

Actions (login required)

View Item View Item