Sausan, Tamara (2024) Pengembangan E-Modul interaktif berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, and Mathematics). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi berdampak pada berbagai bidang kehidupan, seperti pada bidang pendidikan. Salah satu integrasi teknologi dalam bidang pendidikan adalah pengembangan bahan ajar cetak menjadi bahan ajar berbasis digital. Namun, tidak setiap sekolah telah memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran matematika dan menyediakan bahan ajar berbasis digital. Oleh karena itu, perlu melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya dengan pengembangan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, and Mathematics) hingga memperoleh kriteria kelayakan dan meninjau hasil praktikalitas e-modul tersebut. Sumber data diperoleh dari peserta didik kelas X dan kelas XI, guru matematika, dokumen, dosen ahli e-modul, dan guru matematika ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian validasi e-modul dan validasi materi pada saat mengembangkan e-modul berada pada kriteria sangat valid. Tingkat praktikalitas e-modul menurut peserta didik dikategorikan praktis dan menurut guru matematika dikategorikan sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul layak dan praktis untuk diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul; Interaktif; STREAM |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Tamara Sausan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:51 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91216 |
Actions (login required)
View Item |