Pengembangan E-Modul interaktif berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, and Mathematics)

Sausan, Tamara (2024) Pengembangan E-Modul interaktif berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, and Mathematics). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Kemajuan teknologi berdampak pada berbagai bidang kehidupan, seperti pada bidang pendidikan. Salah satu integrasi teknologi dalam bidang pendidikan adalah pengembangan bahan ajar cetak menjadi bahan ajar berbasis digital. Namun, tidak setiap sekolah telah memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran matematika dan menyediakan bahan ajar berbasis digital. Oleh karena itu, perlu melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya dengan pengembangan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Art, and Mathematics) hingga memperoleh kriteria kelayakan dan meninjau hasil praktikalitas e-modul tersebut. Sumber data diperoleh dari peserta didik kelas X dan kelas XI, guru matematika, dokumen, dosen ahli e-modul, dan guru matematika ahli materi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian validasi e-modul dan validasi materi pada saat mengembangkan e-modul berada pada kriteria sangat valid. Tingkat praktikalitas e-modul menurut peserta didik dikategorikan praktis dan menurut guru matematika dikategorikan sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul layak dan praktis untuk diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Interaktif; STREAM
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tamara Sausan
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:51
Last Modified: 11 Jul 2024 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91216

Actions (login required)

View Item View Item