Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan

Lusiana, Hani (2024) Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan. Sarjana thesis, Uninersitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Kemiskinan adalah masalah yang telah lama ada dan hampir selalu ada dalam kehidupan manusia. Konsep ilmiah tentang kemiskinan muncul sebagai akibat dari istilah pembangunan. Kemiskinan dianggap sebagai bagian dari permasalahan pembangunan, yang ditandai oleh pengangguran dan keterbelakangan yang merugikan kesejahteraan masyarakat. Untuk mengatasi kemiskinan, pemerintah meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) pada tahun 2007. PNPM Mandiri adalah program nasional yang menjadi dasar dan acuan bagi pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan PNPM Mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Cipadung Wetan. Selain itu, penelitian ini juga meninjau keberhasilan dalam segi ekonomi melalui program PNPM Mandiri terhadap kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di Desa Cipadung Wetan. Penelitian ini menggunakan teori menurut Bunkaes (2013:21) tentang efektifitas, bahwa program yang efektif adalah program yang berhasil. keberhasilan program dapat dilihat melalui konsep "TEPAT," yaitu: Tepat Modal, Tepat Sasaran, dan Tepat Manfaat. Ketiga indikator ini memiliki korelasi yang kuat dengan indikator sebelumnya. Barometer untuk mengukur efektivitas program pinjaman PNPM-MANDIRI adalah seberapa besar dana yang disediakan untuk meningkatkan perekonomian mikro-makro masyarakat. Jika jumlah dana mencukupi, maka masyarakat dapat menggunakan dana tersebut untuk mempertahankan cara hidup mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu wawancara, pengamatan (observasi) terhadap proses atau hasil kegiatan PNPM Mandiri, serta pengumpulan dokumen yang relevan. Secara umum, penelitian ini disimpulkan bahwa program PNPM Mandiri di Desa Cipadung Wetan telah dijalankan dengan baik. Program ini termasuk penyaluran dana bergulir. Namun, hanya sebagian kecil dari dana tersebut yang benar-benar dapat dimanfaatkan oleh warga miskin. Keberhasilan program bantuan dana bergulir PNPM Mandiri di Desa Cipadung Wetan sangat membantu dan mengubah perekonomian masyarakat miskin, terutama di bidang perdagangan. Hal ini terlihat dari meningkatnya tingkat keberhasilan usaha yang terdampak langsung oleh program ini, yang berkontribusi pada peningkatan ekonomi. Oleh karena itu, program ini dianggap mampu memberikan perubahan kesejahteraan yang signifikan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; PNPM Mandiri; Kesejahteraan masyarakat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hani Lusiana
Date Deposited: 12 Jul 2024 09:53
Last Modified: 12 Jul 2024 09:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91289

Actions (login required)

View Item View Item