Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Indo Kordsa TBk periode 2012-2021

Hendrianto, Irpan (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Indo Kordsa TBk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi seberapa kaitannya antara variable Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) dengan Return On Equity (ROE) saling berhubungan. Dikarenakan adanya ketidaksesuaian antara teori dan dengan data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan PT. Indo Kordsa Tbk yang terdaftar di Index saham syariah Indonesia (ISSI) Periode 2012-2021. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) dan pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) di PT Indo Kordsa Tbk, Periode 2012-2021. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat para ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) maka Return On Equity (ROE) juga akan meningkat. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis pada penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier (Sederhana dan Berganda). Analisis Korelasi pearson product moment (PPM), Analisis Koefisien Determinasi, dan analisis Hipotesis (Uji T dan F) dan Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 29.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa Current Ratio (CR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE) dengan koefisien determinasi 3,13% dan thitung sebesar -0,509. Hal ini juga ada ketidaksesuaian antara teori penelitian dengan akad Tabarru dalam Manajemen Keuangan Syariah. Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE) dengan koefisiensi determinasi 0,0% dan thitung sebesar 0,017. Hal ini juga ada ketidaksesuaian antara teori penelitian dengan akad Qordh dalam Manajemen Keuangan Syariah. Dan pada hal yang sama pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE) yakni Fhitung sebesar 0,367 dan koefisiensi determinasi 9,5%, sisanya 90,5 % merupakan persentasi dari factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini juga ada ketidaksesuaian antara teori penelitian dengan akad Tijarah dalam Manajemen Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: CURRENT RATIO (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Return On EQUITY (ROE)
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hendrianto Irpan
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:42
Last Modified: 12 Jul 2024 04:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91334

Actions (login required)

View Item View Item