Strategi pemberdayaan dalam memfasilitasi minat baca masyarakat: Studi riset aksi di Dusun Sangkem 2 RT 10 RW 02 Desa Bojongtengah, Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang

Rizqiah, Ghaitsa Nazla (2024) Strategi pemberdayaan dalam memfasilitasi minat baca masyarakat: Studi riset aksi di Dusun Sangkem 2 RT 10 RW 02 Desa Bojongtengah, Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari tingkat kegemaran membaca di Dusun Sangkem 2 Rt 10 Rw 02 Desa Bojongtengah, Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang rendah karena sebagian anak-anak memiliki keinginan untuk membaca tetapi tidak memiliki fasilitas yang dapat mendukung minat baca mereka selain di sekolah formal. Hal tersebut menyebabkan anak-anak lebih sering menggunakan waktu luang untuk bermain teknologi informasi seperti handphone sebagai sarana anak-anak bermain games online dan media sosial yang tidak terkontrol oleh kedua orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat dan hasil dari proses pemberdayaan yang dilakukan di Dusun Sangkem 2 RT 10 RW 02 Desa Bojongtengah Kecamatan Pusakajaya Kabupaten subang untuk memfasilitasi minat baca masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu strategi pemberdayaan pemberdayaan menurut Edi Suharto bahwa proses pemberdayaan dapat dilakukan melalui tingkatan atau dimensi yang terdiri dari aras mikro, aras mezzo, dan aras makro. strategi pemberdayaan pada penelitian ini merujuk pada tingkatan aras makro. Selain itu, teori proses pemberdayaan menurut Zaenal Mukarom dan Rohmanur Aziz yang terdiri dari siklus I (sosialisasi awal, rembuk warga, dan refleksi sosial), siklus II (pemetaan sosial dan pengorganisasian masyarakat), siklus III ( perencanaan partisipatif dan sinergi program), siklus IV (pelaksanaan program, monitoring, dan evaluasi). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode riset aksi yang termasuk kedalam metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan penekatan partisipatif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, Forum Grup Discussion (FGD), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dalam memfasilitasi minat baca masyarakat di Dusun Sangkem 2 Rt 10 Rw 02 Desa Bojongtengah dilakukan dengan proses pemberdayaan menggunakan tahapan siklus sisdamas berupa sosialisasi awal, rembug warga, refleksi sosial, pemetaan sosial, pengorganisasian masyarakat, perencanaan partisipatif, sinergi program pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi. Berdasarkan proses pemberdayaan tersebut menghasilkan partisipatif masyarakat, identifikasi permasalahan masyarakat, peta wilayah, stuktur pengurus, dan pembuatan Taman Baca Masyarakat Matahari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca; Strategi Pemberdayaan; Taman Baca Masyarakat
Subjects: Social Process > Social Change
Communities > Socialist Communities
Education, Research
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ghaitsa Nazla Rizqiah
Date Deposited: 12 Jul 2024 01:30
Last Modified: 12 Jul 2024 01:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91346

Actions (login required)

View Item View Item