Adaptasi sosial warga asrama terhadap perbedaan latar belakang budaya: Penelitian di Asrama Den Jasa Ang Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung Jawa Barat

Wahyudi, Dhea Humaira (2024) Adaptasi sosial warga asrama terhadap perbedaan latar belakang budaya: Penelitian di Asrama Den Jasa Ang Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang bahwa di lokasi penelitian banyak warga yang berasal dari penjuru Indonesia. Tempat penelitian ini berada di Asrama Den Jasa Ang Kelurahan Kebon Kangkung Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Peneliti ingin mengetahui bagaimana proses adaptasi yang dilakukan oleh warga asrama lewat interaksi sosial sehari-hari. Dengan adanya perbedaan budaya dan aturan di asrama yang saling mengikat membuat warga diharuskan dapat menyesuaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab terkait bagaimana proses adaptasi sosial yang terjadi pada warga dan juga faktor pendukung dan penghambat terjadinya adaptasi sosial pada warga Asrama Den Jasa Ang, Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan Teori Proses Adaptasi Sosial dari Kalervo Oberg yang digunakan sebagai analisis adaptasi sosial pada warga asrama. Dalam Teorinya Oberg mengungkapkan bahwa proses adaptasi sosial yang dialami oleh seseorang, ketika berpindah tempat kerja ke lingkungan baru ada empat yaitu Honeymoon, Culture Shock, Recovery, dan Adjusment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deksriptif untuk menganalisis lebih jauh mengenai proses adaptasi sosial Warga Asrama Den Jasa Ang, Kelurahan Kebon Kagkung, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Jenis data yang digunakan adalah jenis data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh Peneliti yaitu teknik wawancara semi-strukur, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang sudah dikumpulkan lalu dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari Penelitian ini menujukkan bahwa proses adaptasi yang dilakukan oleh Warga Asrama Terhadap Perbedaan Latar Belakang Budaya Penelitian Di Asrama Den Jasa Ang, Kelurahan Kebon Kangkung, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung Jawa Barat dilalui dengan baik karena adanya dukungan dari para warga setempat dan kantor yang memberikan fasilitas untuk warga. Hasil analisis dengan menggunakan Teori Proses Adaptasi Sosial dari Kalerv Oberg, Adaptasi yang dilakukan oleh warga setempat cukup baik diawali dengan adanya kesamaan tujuan untuk menetap di asrama tersebut hingga perbedaan budaya yang mendorong terjadinya proses adaptasi antar warga. Faktor yang mendukung proses adaptasi sosial yang terjadi karena kesamaan tujuan antar warga yang tinggal di Asrama Den Jasa Ang yaitu berdinas dan faktor yang menghambat proses adaptasi yaitu kendala bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi sosial; budaya; warga; interaksi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Natural History of Organism > Adaptation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: dhea dhw wahyudi
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:09
Last Modified: 15 Jul 2024 09:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91371

Actions (login required)

View Item View Item