Pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega

Pramesti, Ilyana Aprilia Anggi (2024) Pengaruh pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)

Abstract

Fenomena yang terjadi pada awal penelitian yakni tidak tercapainya target penerimaan serta terjadi ketidaksesuaian antara target dengan realisasi penerimaan pajak sehingga menjadikannya tidak optimal dan bersifat fluktuatif. Hal ini diduga dikarenakan tingkat kepatuhan wajib pajak yang belum optimal serta tindakan pemeriksaan dan penagihan pajak yang dijalani belum efektif sehingga terganggunya penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah pemeriksaan dan penagihan pajak mampu berpengaruh terhadap penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega. Pada penelitian ini terdapat dua variabel X, yakni pemeriksaan pajak dan penagihan pajak, dan variabel Y, yaitu penerimaan pajak. Untuk variabel pemeriksaan dan penerimaan pajak, penulis mengunakan teori dari Siti Kurnia Rahayu, sedangkan untuk variabel penagihan pajak, teori Ida Zuraida & Hari Sih Advianto. Dengan variabel pemeriksaan pajak memiliki empat faktor yang memengaruhi yang terdiri atas teknologi informasi, jumlah sumber daya manusia, kualitas sumber daya manusia, dan sarana dan prasarana. Untuk variabel penagihan pajak terdiri atas empat tindakan penagihan, yakni dengan surat teguran, surat paksa, penyitaan, dan pelelangan. Sedangkan untuk variabel penerimaan pajak terdapat enam faktor yang memengaruhi, yakni kejelasan, kepastian, dan kesederhanaan peraturan perundang-undangan, kebijakan pemerintah dalam mengimplementasikan undang-undang perpajakan, sistem administrasi, pelayanan, kesadaran dan pemahaman warga negara, dan kualitas petugas pajak. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 67 responden dengan purposive sampling. Pengolahan data dibantu oleh SPSS 25 untuk pengujian statistiK. Setelah dilaksanakanya pengolahan analisis data, didapatkan hasil bahwa secara parsial pemeriksaan pajak dan penagihan pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan pajak di kantor pelayanan pajak Pratama Bandung Tegallega. Dan secara bersama-sama atau simultan pemeriksaan pajak dan penagihan pajak berpengaruh terhadap penerimaan pajak. Lalu, besaran pengaruh dari variabel pemeriksaan pajak dan penagihan pajak terhadap peneriman pajak hasil dari uji determinasi didapat sebesar 41.7% dengan tingkat huungan cukup tinggi. Dan sisanya, sebesar 58.3% dapat dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penagihan Pajak; Pemeriksaan Pajak; Penerimaan Pajak
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ilyana Aprilia Anggi Pramesti
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:21
Last Modified: 12 Jul 2024 03:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91422

Actions (login required)

View Item View Item