Azizah, Habibah Nur (2024) Sikap religius siswa hubungannya dengan hasil belajar kognitif PAI: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
Abstract
Program penguatan pendidikan karakter (PPK) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pendidikan karakter yang tertuang dalam perpres nomor 87 tahun 2017 memuat lima nilai karakter utama, salah satunya ialah karakter religiusitas. Karakter religius melalui kegiatan kerohanian dapat memunculkan sikap religius siswa. Dengan adanya usaha pemerintah meningkatkan mutu pendidikan dan implementasi pendidikan karakter pada nilai karakter religius, sehingga memunculkan persoalan apakah sikap religius siswa ada hubungannya dengan hasil belajar kognitif PAI. maka persoalan inilah yang menjadi fokus pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui sikap religius siswa 2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif PAI 3) Untuk mengetahui hubungan antara sikap religius siswa dengan hasil belajar kognitif PAI siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sikap religius yang dimiliki siswa dapat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, sikap religius yang dimiliki siswa dapat membantu proses pembelajaran di kelas dapat diikuti dengan baik dan lebih mudah, sehingga melahirkan hasil belajar kognitif PAI yang baik. Maka dalam hal ini hipotesis yang diajukan adalah apakah ada hubungan antara sikap religius siswa dengan hasil belajar kognitif PAI. Penelitin ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memfokuskan terhadap pengujian teori dan mengukur variabel penelitian menggunakan angka angka serta data yang dianalisis menggunakan metode statistik. Angket, tes hasil belajar kognitif, observasi, wawancara serta studi dokumen yang dijadikan alat untuk pengumpulan data. Deskriptif analisis setiap indikator variabel X dan Y, uji normalitas, uji regresi linear sederhana, uji korelasi yang dijadikan teknik analisis data. Kesimpulan hasil dari penelitian menunjukkan: 1) sikap religius siswa berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 3,98 dengan rentang kualifikasi 3,40 – 4,19. 2) Hasil belajar kognitif PAI berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 75,99 dengan rentang kualifikasi 70-79. 3) terdapat hubungan positif antara sikap religius siswa variabel X dengan hasil belajar kognitif PAI variabel Y memperoleh dengan tingkat korelasi sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Religius; Hasil Belajar; Pendidikan Karakter |
Subjects: | Islam Umum Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | habibah nur azizah abdurrahman |
Date Deposited: | 12 Jul 2024 07:52 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91444 |
Actions (login required)
View Item |