Pengaruh umur perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) periode 2020-2022

Assyifa, Raihan Marsa Nur (2024) Pengaruh umur perusahaan, profitabilitas dan leverage terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) periode 2020-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kesenjangan teori dalam data laporan keuangan mengenai pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan, dikarenakan fenomena yang terjadi tidak sesuai dengan teori yang sudah ada. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh Umur Perusahaan secara parsial terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan; 2) mengetahui pengaruh Profitabilitas terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan; 3) mengetahui pengaruh Leverage secara parsial terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan; 4) mengetahui pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) Periode 2020-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan didapat dari publikasi laporan keuangan perusahaan periode 2020-2022. Metode analisis data yang digunakan statistik deskriptif, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows Version 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Umur Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan sejalan dengan prinsip keuangan syariah yaitu prinsip amanah (rasa kepercayaan); 2) Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan, dalam prinsip ekonomi islam, masih banyak prinsip syariah yang perlu dipertimbangkan perusahaan ketika akan melaporkan laporan keuangan seperti gharar, maysir, riba, dan lain lain; 3) Leverage tidak berpengaruh terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan, pada konteks keuangan syariah, hutang harus dikelola dengan baik dan dijalankan dengan prinsip bagi hasil, dimana ketika perusahaan berhutang maka harus memperhitungkan segala risiko dan cara untuk memenuhi kewajibannya tersebut. maka, levarege bukan satu-satunya penyebab perusahaan telat dalam melaporkan laporan keuangannya; 4) Umur Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage berpengaruh secara simultan terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) Periode 2020-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Umur Perusahaan; Profitabilitas; Leverage; Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Raihan Marsa Nur Assyifa
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:25
Last Modified: 15 Jul 2024 04:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91461

Actions (login required)

View Item View Item