Pengaruh media tanam terhadap pertumbuhan, kadar klorofil dan karotenoid, serta korelasinya pada microgreen pepaya (Carica papaya L.)

Nurmillah, Nisa (2024) Pengaruh media tanam terhadap pertumbuhan, kadar klorofil dan karotenoid, serta korelasinya pada microgreen pepaya (Carica papaya L.). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Microgreen merupakan tanaman muda yang dipanen 7-21 hari setelah kemunculan daun pertama yang membuka sempurna. Microgreen pepaya (Carica papaya L.) merupakan inovasi baru dalam budidaya microgreen yang berpotensi memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi. Microgreen membutuhkan media tanam yang sesuai untuk mendukung keberhasilan pertumbuhannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media terhadap pertumbuhan, kadar klorofil dan karotenoid, serta korelasi antar parameter yang diukur pada microgreen pepaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) dan dengan satu faktor perlakuan yakni media tanam yang terdiri dari tanah, cocopeat, zeolit dan arang sekam. Parameter pengamatan yang diamati yakni persentase perkecambahan, tinggi tanaman, panjang akar, jumlah akar lateral, luas kotiledon, berat basah, berat kering, klorofil, karotenoid, serta korelasi antar parameter pengamatan. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada pertumbuhan microgreen pepaya antarperlakuan, media tanah memberikan hasil terbaik pada rata-rata persentase perkecambahan (72,67%), media cocopeat memberikan hasil terbaik pada rata-rata tinggi tanaman (6,67 cm), panjang akar (5,27 cm), luas kotiledon (1,38 cm2), dan berat basah (0,1 g). Media arang sekam memberikan hasil terbaik pada persentase perkecambahan (60%), jumlah akar lateral (5,94), berat kering (7,66 mg), kadar klorofil a (13,7 mg/g), klorofil b (5,32 mg/g), klorofil total (19,01 mg/g) dan kadar karotenoid (251,27 mg/g). Tinggi tanaman berkorelasi kuat dengan luas kotiledon, panjang akar, dan berat basah; Jumlah akar lateral berkorelasi kuat dengan berat basah dan berat kering; berat kering berkorelasi kuat dengan jumlah akar lateral, klorofil a, klorofil b, dan klorofil total; dan karotenoid berkorelasi kuat dengan klorofil a, klorofil b, dan klorofil total.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cocopeat; karotenoid; klorofil; korelasi; media tanam; microgreen pepaya; pertumbuhan
Subjects: Biology
Physiology
Plants, Botany > Research of Plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: NISA NURMILLAH
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:22
Last Modified: 12 Jul 2024 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91480

Actions (login required)

View Item View Item