Pengaruh transparansi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik pada pada Kantor Bapenda di Kab. Garut

Salsyabilla, Nadia (2024) Pengaruh transparansi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik pada pada Kantor Bapenda di Kab. Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Nadia Salsyabilla ”Pengaruh Transparansi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Bapenda Di Kab. Garut” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Tata kelola pemerintahan yang efektif adalah masalah terbesar dalam administrasi publik saat ini. Sebagai tanggapan terhadap peningkatan pendidikan dan globalisasi, masyarakat menuntut pemerintah menjalankan pemerintahan yang baik. Berdasarkan observasi di lapangan terdapat fluktuasi nilai indeks kepuasan masyarakat yang diberikan oleh kantor bapenda terhadap masyarakat. bahwa tingkat transparansi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Bapenda Kabupaten Garut belum memenuhi indeks kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh transparansi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik pada kantor Bapenda di Kab. Garut. Penelitian ini menggunakan teori transparansi dari (Adrianto,2007) yang mencakup prosedur pelayanan, persyaratan teknis dan administratif pelayanan, rincian biaya pelayanan, pejabat yang berwenang, janji pelayanan, standar pelayanan, lokasi pelayanan, informasi layanan. Sedangkan kualitas pelayanan publik didasarkan pada teori (Tjiptono, 2012) yaitu tangibeles (bukti langsung), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, studi pustaka dan observasi. Sampel yang dipilih menggunakan rumus slovin dengan sampel sebanyak 100 orang. Pengujian statistik yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi berganda, uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikansi simultan (uji f), dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur pelayanan, persyaratan administratif dan teknis, rincian biaya pelayanan, pejabat yang berwenang, janji pelayanan, standar pelayanan, lokasi pelayanan,dan informasi layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Bapenda Kabupaten Garut dengan presentase sumbangan pengaruh tinggi sebesar 64,3% sedangkan sisanya sebesar 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus utama penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transparansi; pelayanan publik; kualitas
Subjects: Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Nadia Salsyabilla
Date Deposited: 12 Jul 2024 10:31
Last Modified: 12 Jul 2024 10:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91491

Actions (login required)

View Item View Item