Pengaruh pemungutan pajak terhadap efektivitas penerimaan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Kota Bandung

Novianti, Irma (2024) Pengaruh pemungutan pajak terhadap efektivitas penerimaan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realisasi penerimaan pajak BPHTB Kota Bandung yang tidak mencapai target, itu tergambar dari data target dan realisasi penerimaan pajak BPHTB Kota Bandung pada tahun 2018-2022. Hal tersebut disebabkan oleh pemungutan pajak yang belum optimal, sehingga berdampak pada efektivitas penerimaan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB). Maka dari itu, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian mengenai Pengaruh Pemungutan Pajak Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemungutan pajak terhadap efektivitas penerimaan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) Kota Bandung. Alat uji penelitian ini menggunakan teori pemungutan pajak yang dikemukakan oleh Soemitro dan Sugiharti (2010) yang meliputi equality (keadilan), certainty (kepastian hukum), convenience of payment (tepat waktu), dan economics of collection (efisiensi). Adapun selain itu, teori efektivitas meliputi tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat kuantitas yang dikemukakan oleh Indrawijaya (2010). Penelitian disini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian asosiatif. Nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Studi kepustakaan, serta menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Pengujian statistik disini menggunakan program SPSS 25, yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapatnya pengaruh dari pemungutan pajak terhadap efektivitas penerimaan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) Kota Bandung. Hal tersebut ditunjukkan oleh persentase pengaruh yang cukup tinggi sebanyak 40,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tak diteliti sejumlah 59,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemungutan Pajak; Efektivitas Penerimaan Pajak; Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Irma Novianti
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:35
Last Modified: 15 Jul 2024 01:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91515

Actions (login required)

View Item View Item