Strategi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam membina keamanan masyarakat di lingkungan desa: Studi deskriptif di Desa Cibogo Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang

Risma Giany, Nataya (2024) Strategi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dalam membina keamanan masyarakat di lingkungan desa: Studi deskriptif di Desa Cibogo Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi (1).pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab i.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi keamanan di wilayah Desa Cibogo Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang, terlihat cukup rawan. Berdasarkan pengamatan awal sering terjadi gangguan keamanan dan ketertiban seperti pencurian, kriminalitas dan ancaman lain yang mengganggu keamanan lingkungan. Keamanan merupakan faktor penting dalam kehidupan bermasyarakat agar tercipta kondisi yang nyaman, tentram sehingga masyarakat dapat menjalankan aktifitasnya dengan baik dan menciptakan kehidupan yang sejahtera. Polri sebagai alat negara yang berperan dalam menjaga dan memelihara keamanan melalui Bhabinkamtibmas untuk menjadi garda terdepan dalam pelayanan Tingkat Kecamatan/Desa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya, tantangan yang dihadapi pada pelaksanaan tugasnya di masyarakat dalam membina keamanan lingkungan di masyarakat, serta untuk meneliti hasil yang diperoleh dari perubahan yang dirasakan di masyarakat setelah adanya Program Bhabinkamtibmas ini dalam rangka meningkatkan keamanan masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teori Strategi yang dikemukakan oleh Tjiptono Fandy, teori ini berfokus pada tujuan dari Bhabinkamtibmas. Adapun Teori Strategi dimana di dalam teori ini mendapatkan informasi bahwa Bhabinkamtibmas bertanggung jawab dalam menciptakan keamanan masyarakat di lingkungan desa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk menggali makna, menganalisis proses, dan meningkatkan pemahaman menyeluruh tentang suatu kelompok, individu, atau situasi tertentu. Dengan menggunakan metode ini, data yang mendalam dapat dikumpulkan, dan pemahaman yang komprehensif mengenai pengalaman subjek penelitian dapat dihasilkan, memungkinkan peneliti untuk mengungkap kebenaran yang lebih mendalam. Hasil yang diperoleh dari strategi Bhabinkamtibmas dalam membina keamanan masyarakat di lingkungan desa dapat dilihat dari upaya Bhabinkamtibmas yaitu, melalui program Satu Desa Satu Bhabin, Door To Door, Jumat Curhat dan Police Goes To School, yang berhasil dilakukan meskipun dihadapkan dengan tantangan seperti jumlah personel yang terbatas dan kurangnya partisipasi serta kesadaran masyarakat. Bhabinkamtibmas telah berhasil menciptakan lingkungan yang aman dan damai, sehingga terciptanya kesejahteraan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari penurunan tingkat kriminalitas, kedisiplinan personel dalam menjalankan tugas, dan komunikasi yang efektif antara Bhabinkamtibmas dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bhabinkamtibmas; Pembinaan; Masyarakat; Keamanan; Strategi
Subjects: Building for Educational and Research Purposes > Elementary School Building Architecture
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nataya Risma Giany
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:19
Last Modified: 15 Jul 2024 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91563

Actions (login required)

View Item View Item