Upaya meningkatkan keterampilan membaca al-qur’an dengan metode Al Baghdadi pada kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Misbah Kabupaten Bandung: Penelitian tindakan kelas

Zakaria, Syifa Azizah (2024) Upaya meningkatkan keterampilan membaca al-qur’an dengan metode Al Baghdadi pada kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Misbah Kabupaten Bandung: Penelitian tindakan kelas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini diakibatkan karena kurangnya guru yang kompeten, guru yang tidak mahir dalam tajwid dan tartil dapat menyebabkan pembelajaran yang kurang efektif, waktu pembelajaran yang terbatas, metode pembelajaran yang kurang, dan faktor ini bisa disebabkan oleh lingkungan keluarga yang kurang mendukung, dengan begitu guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif, salah satunya yaitu metode pembelajaran Al Baghdadi agar siswa lebih terampil dan bisa dalam membaca Al-Qur’an. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa hanya 4 siswa yang mencapai ketuntasan individu dengan nilai setara atau melebihi KKM, yaitu 70. Sebaliknya, 32 siswa lainnya mendapat nilai di bawah KKM, dengan rata-rata nilai 46,52 dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 11%. Tujuan dari melakukan penelitian ini yaitu mengetahui kemampuan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa kelas V di MI Al-Misbah Kabupaten Bandung sebelum diterapkan metode Al-Baghdadi, proses pembelajaran dengan menggunakan metode Al Baghdadi dan mengetahui peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an bagi peserta didik kelas V di MI Al-Misbah setelah menggunakan metode Al Baghdadi. Metode Al Baghdadi merupakan metode terstruktur; yaitu digunakan secara tertib untuk mempermudah suatu proses pembelajaran tertentu dan biasa disebut dengan metode Alif, Ba', dan Ta'. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes membaca, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menerapkan metode pembelajaran Al Baghdadi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, hanya 4 siswa yang berhasil menyelesaikan tugas dengan nilai rata-rata 46,52 dan nilai kelulusan klasikal 11%. Namun, setelah penerapan metode Al Baghdadi, proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits berjalan dengan baik. Observasi terhadap aktivitas guru pada siklus I tindakan I menunjukkan persentase sebesar 62%, sementara aktivitas murid sebesar 47%. Pada siklus I tindakan II, aktivitas guru meningkat menjadi 72%, sedangkan aktivitas siswa mencapai 67%. Kemudian, pada siklus II tindakan I, aktivitas guru mencapai 85%, dan aktivitas siswa mencapai 74%. Pada siklus II tindakan II, aktivitas guru meningkat menjadi 91%, sedangkan aktivitas siswa mencapai 90%. Terjadi peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca Al-Qur’an siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 67,78 dengan persentase kelulusan klasikal sebesar 42%, dikategorikan sebagai cukup. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,55 dengan persentase kelulusan klasikal sebesar 81%, dikategorikan sebagai sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Al Baghdadi; Keterampilan Membaca Al-Qur'an; Pembelajaran Al-Qur'an Hadist
Subjects: Religious Education
Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syifa Azizah Zakaria
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:12
Last Modified: 15 Jul 2024 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91581

Actions (login required)

View Item View Item