Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi Kasus pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Utari, Rini Ayu (2018) Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Harga Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi Kasus pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Price Earning Ratio (PER) merupakan rasio pasar yang mengindikasikan penghargaan investor terhadap kinerja perusahaan yang ditunjukkan dalam Earning Per Share (EPS). Price Earning Ratio (PER) diperoleh dari perbandingan antara harga pasar suatu saham (market price) dengan Earning Per Share (EPS) dari saham bersangkutan. Makin tinggi Price Earning Ratio (PER) suatu saham, maka semakin mahal saham tersebut terhadap pendapatan bersih saham tersebut. Gross Margin Ratio merupakan ratio atau perimbangan antara gross profit (laba kotor) yang diperoleh perusahaan dengan tingkat penjualan yang dicapai pada periode yang sama. Semakin tinggi persentasenya semakin baik margin ini, karena dengan sedikit upaya produk sudah terjual dengan keuntungan besar. Semakin rendah persentasenya semakin buruk margin ini, karena berarti perusahaan harus berupaya menjual lebih banyak produk untuk mendapat keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap Harga Saham pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, dan uji F. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. periode 2007-2016 yang berasal dari pojok bursa YPKP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Price Earning Ratio (PER) terhadap Harga Saham dibuktikan dengan hasil pengujian statistik yaitu thitung < ttabel (-0.022 < 2.306) dan nilai signifikansinya 0.983 > 0.05. Kemudian Gross Profit Margin (GPM) tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Harga Saham dibuktikan dengan hasil pengujian statistik menunjukkan thitung < ttabel (1.894 < 2.306) dan nilai signifikansinya 0.095 > 0.05. Sedangkan secara simultan juga menunjukkan hasil bahwa Price Earning Ratio (PER) dan Gross Profit Margin (GPM) tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil pengujian statistik yaitu Fhitung < Ftabel (1.717 < 4.74) dan nilai signifikansinya 0.247 > 0.05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio (PER);Gross Profit Margin (GPM);Harga Saham
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rini Ayu Utari
Date Deposited: 15 May 2018 04:12
Last Modified: 15 May 2018 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9159

Actions (login required)

View Item View Item