Peran Komunitas Nelayan Pesisir Pantai Garut Selatan (KNPPGS) dalam peningkatan ekonomi nelayan : Penelitian di Kampung Nelayan Pantai Santolo Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut

Rianti, Annisa Fitri (2024) Peran Komunitas Nelayan Pesisir Pantai Garut Selatan (KNPPGS) dalam peningkatan ekonomi nelayan : Penelitian di Kampung Nelayan Pantai Santolo Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Desa Pamalayan merupakan salah satu kampung nelayan yang berada dikawasan pantai Santolo, Kabupaten Garut. Permasalahan kesejahteraan kaum nelayan di Desa tersebut timbul karena ketidakpahaman masyarakat terhadap bagaimana cara memaksimalkan potensi laut yang ada. Mayoritas nelayan juga diperparah dengan kondisi yaitu tidak bisa menjual hasil lautnya secara maksimal karena TPI Cilauteureun sudah tidak beroprasi. Maka dari itu dalam hal ini membutuhkan program dari suatu instansi atau komunitas agar dapat membantu peningkatan pendapatan nelayan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui program Komunitas Nelayan Pesisir Pantai Garut Selatan (KNPPGS) di Pantai Santolo, bagaimana peran Komunitas Nelayan Pesisir Pantai Garut Selatan (KNPPGS) di Pantai Santolo, serta apa saja hambatan Komunitas Nelayan Pesisir Pantai Garut Selatan (KNPPGS) dalam meningkatkan ekonomi kaum nelayan di Pantai Santolo. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan dua teori untuk memperdalam temuan penelitian yaitu teori dari Talcott Parsons struktural fungsional yang mencakup adaptasi (adaptation), pencapaian tujuan (gol attaiment), integrasi (integration), latensi atau pemeliharaan pola (latency). Dalam penelitiannya Peneliti menggunakan pendekatan dan metode kualitatif deskriptif, dengan sumber data primer dan sekunder, kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberadaan Komunitas Nelayan Pesisir Pantai Garut Selatan (KNPPGS) cukup berperan dalam meningkatkan ekonomi nelayan. Adapun dalam kehidupan keseharian para nelayan sudah terpenuhi, dampak yang muncul banyak sentra-sentra ekonomi yang tumbuh berkembang di kampung nelayan. Keberadaan komunitas Nelayan Pesisir Pantai Garut Selatan (KNPPGS) dalam aktifitas dan programnya sudah mengena sasaran dalam bentuk aktif memberikan peluang kepada nelayan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi atau pusat seperti pengajuan permodalan, pendataan nelayan yang membutuhkan alat tangkap dan perahu di kampung nelayan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: program; peran; komunitas nelayan; peningkatan ekonomi;
Subjects: Communities
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Annisa Fitri Rianti
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:31
Last Modified: 15 Jul 2024 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91593

Actions (login required)

View Item View Item