Problematika bimbingan pranikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipatat: Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat

Saefulloh, Martalena (2024) Problematika bimbingan pranikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipatat: Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan pranikah merupakan salah satu program yang ada di Kantor Urusan Agama yang dilakukan oleh pembimbing kepada calon pengantin, tetapi dalam pelaksanaan bimbingan pranikah tidak selalu berjalan mulus sehingga masih ditemukan problematika baik itu dari pembimbing, terbimbing, anggaran biaya, metode, media, dan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai bimbingan pranikah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai problematika bimbingan pranikah yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui permasalahan bimbingan pranikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipatat, 2) mengetahui faktor- faktor penyebab munculnya permasalahan bimbingan pranikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipatat, 3) mengetahui strategi yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipatat dalam mengatasi permasalahan bimbingan pranikah. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau teori bimbingan pranikah dan kelurga Islami yang dikemukakan oleh Aunur Rahim Faqih yang dipandang relevan oleh peneliti yaitu pemberian bantuan kepada individu agar dalam menjalankan pernikahan dan kehidupan rumah tangga bisa selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala KUA, penyuluh agama, dan calon pengantin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa problematika bimbingan pranikah yaitu pada aspek pembimbing, serta anggaran terbatas, aspek terbimbing, aspek pelaksanaan, metode, media, dan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pelaksanaan bimbingan pranikah. Faktor- faktor penyebab munculnya permasalahan bimbingan pranikah diakibatkan oleh faktor internal yang berasal dari calon pengantin dan faktor eksternal yang berasal dari pembimbing, pelaksanan bimbingan pranikah, metode, media, dan anggaran biaya. Solusi (problem solving) yang dilakukan Kantor Urusan Agama Kecamatan Cipatat yaitu merekrut pembimbing, tetap melaksanakan bimbingan pranikah dengan anggaran yang ada, diberikan informasi kepada saat calon pengantin mengenai adanya pelaksanaan bimbingan pranikah ketika mendaftar menikah dan solusi jangka panjang dilakukannya sosialisasi, bagi terbimbing yang tidak hadir maka menyampaikan bimbingannya pada saat sebelum akan dan disisipkan pada sesi khutbah nikah, dan dilakukannya kegiatan evaluasi setiap setelah melaksanakan bimbingan pranikah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problematika; Bimbingan Pranikah
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Marriage Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Martalena Saefulloh
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:29
Last Modified: 15 Jul 2024 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91596

Actions (login required)

View Item View Item