Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku belajar siswa Madrasah Aliyah Persis Tarogong Garut

Lestari, Anisa Pauji (2024) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku belajar siswa Madrasah Aliyah Persis Tarogong Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Perilaku belajar adalah suartu proses atau usaha untuk memperoleh perubahan yang ada pada individu baik itu perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, ataupun perubahan keterampilan yang ada pada dirinya dan lain sebagainya. Salah satu masalah dari pendidikan ialah ekonomi, yang selalu dikaitkan dimana ekonomi berkaitan dengan pendidikan, begitu juga pedidikan berkaitan erat dengan ekonomi. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi perilaku belajar salah satunya yaitu faktor dari luar atau disebut dengan faktor eksternal, faktor tersebut merupakan status sosial ekonomi orang tua itu sendiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap perilaku belajar siswa madrasah khususnya di Aliyah Persis Tarogong. Teori yang digunakan adalah teori Stratifikasi Sosial Pitirin A. Sorkin dijelaskan mengenai kelas sosial adanya pengelompokan yang terjadi didalam masyarakat ke dalam kelas-kelas. pengelompokan tersebut dibentuk secaraa berurutan atau bertingkat. Kesimpulan dari kelas sosial ini adalah adanya ketidak seimbangan yang terjadi di masyarakat itu sendiri, ketidak seimbangan itu diantaranyaranya ialah tidak seimbangnya antara hak dan juga kewajiban yang ada pada masyarakat, selain itu adanya ketidak seimbangan antara tugas yang di berikan dengan tanggung jawabnya. Pendekatan dari penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif, dengan Menggunakan alat bantu SPSS versi 25 dengan analisis regresi linier sederhana, seperti yang kita ketahui metode adalah suatu cara atau jalan tempuh untuk mencapai sebuah tujuan tertentu, maka dari itu metode penelitian kuantitatif adalah sebuah cara dalam penelitian guna untuk memperoleh data, pendekatan kuantitatif ini merupakan penelitian yang bentuk penyajianya datanya disajikan dalam bentuk angka disertai dengan anailisis statistic. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan ditemukan nilai R square sebesar 0,547 (54,7%) ini menunjukan bahwa variabel X (Status Sosial Ekonomi) atau variabel independen mempunyai pengaruh terhadap variabel Y dependen ( Perilaku Belajar Siswa) sebesar 54,7% sedangkan 45,2% Dapat dipengaruhi oleh variabel yang lainnya. Dalam hal ini menunjukkan bahwa perngaruh Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Perilaku Belajar Siswa berada pada kategori sedang dengan interval koefisien 0,40-0,599.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial; Perilaku Belajar; Orang Tua;
Subjects: Customs of People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Anisa Pauji Lestari
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:19
Last Modified: 15 Jul 2024 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91602

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item