Strategi pemasaran pada UMKM wajit pusaka utama untuk meningkatkan penjualan dalam perspektif ekonomi syariah

Asmalasari, Ai Siti (2024) Strategi pemasaran pada UMKM wajit pusaka utama untuk meningkatkan penjualan dalam perspektif ekonomi syariah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Penciptaan Lapangan kerja UMKM dapat berperan penting dalam Perekonomian Indonesia. Setiap perusahaan memerlukan manajemen pemasaran yang baik dan profesional untuk mempertahankan kelangsungan dan perkembangan usahanya. Banyaknya bisnis dalam makanan daerah dan banyak bermunculan makanan instan seperti junk food tentu saja membuat persaingan UMKM semakin ketat. Implementasi strategi berlandaskan prinsip ekonomi syariah dapat membuka peluang baru bagi Wajit Pusaka Utama dari persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM Wajit Pusaka Utama berdasarkan prinsip Ekonomi Syariah; 2) Strategi pemasaran UMKM Wajit Pusaka Utama dalam meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran melibatkan semua proses terkait dalam perencanaan dan pengaturan harga, serta promosi dan mendistribusikan produk (barang atau jasa) untuk memenuhi kebutuhanpelanggan/ konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapat data real di lapangan dalam pemasaranya. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu dalam melakukan strategi pemasaran Toko UMKM Wajit Pusaka Utama telah menerapkan prinsip-prinsip Ekonomi Syariah yaitu prinsip transparansi, keadilan, keberkahan dan kehalalan. Dimana harga yang ditawarkan juga transparasi. Modal yang digunakan tidak dari hasil peminjaman dari bank atau lembaga lainnya. Produk yang diproduksi sudah di jamin kehalalannya dapat dilihat dari kemasa sudah terdapat logo halal serta sertifikasi halal. Strategi pemasaran dalam Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi). Produk yang berkualitas dari bahan baku yang digunakan dan proses pembuatan, tempat yang stategis dengan dengan jalan raya dan pasar serta promosi yang dilakukan dengan berkajasama dengan komunitas ini mencakup sponsor acara, menjadi mitra dalam kegiatan. Namun hal tersebut harus ada inovasi terbaru seperti: a) Kemasan kecil dan menggunakan teknologi vakum b) Menjalin kemitraan dengan toko modern atau minimarket; b) Bekerjasama dengan layanan pengiriman cepat; c) Peningkatan kehadiran digital dan mengimplementasikan sistem pembayaran digital seperti QRIS; serta d) Pembukaan cabang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Syariah; Penjualan; Strategi pemasaran; UMKM
Subjects: Econmics > Economists
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ai siti Asmalasari
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:34
Last Modified: 15 Jul 2024 07:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91635

Actions (login required)

View Item View Item