Pengaruh manajemen kurikulum terhadap mutu pendidikan : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas karya Budi Cileunyi

Rosalina, Dewi Wardah (2024) Pengaruh manajemen kurikulum terhadap mutu pendidikan : Penelitian di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas karya Budi Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan bentuk pemulihan proses pelaksanaan pembelajaran setelah terjadinya fenomena Covid-19 dan kepedulian pemerintah dalam memberikan kebebasan kepada peserta didik dan guru dalam mengembangkan bakat dan keterampilan yang dimiliki dengan berlandaskan berbagai acuan, pedoman dan kriteria. Oleh karena itu, manajemen kurikulum merdeka sangat diperlukan dalam proses penerapannya, karena akan berpengaruh pada mutu pendidikan. Kurikulum sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran akan mempengaruhi kualitas sekolah dengan mewujudkan peningkatan kualitas sekolah menjadi lebih baik dan efektif serta tercapainya tujuan pendidikan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui realitas manajemen kurikulum merdeka di Sekolah Menengah Bawah dan Sekolah Menengah Atas Karya Budi Cileunyi; 2) mengetahui mutu pendidikan di Sekolah Menengah Bawah dan Sekolah Menengah Atas Karya Budi Cileunyi; 3) mengetahui pengaruh kurikulum merdeka terhadap mutu pendidikan di Sekolah Menengah Bawah dan Sekolah Menengah Atas Karya Budi Cileunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 37 responden. Analisis data yang dilakukan berupa uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji signifikansi, dan uji koefisien determinasi). Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini dijelaskan bahwa: 1) Berdasarkan hasil pengelolaan data, menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan dari jawaban responden pada setiap indikator variabel X memiliki nilai rata-rata sebesar 3,36 yang berada pada interval 2,60 – 3,39 dan termasuk pada kualifikasi “Cukup”; 2) Berdasarkan hasil pengelolaan data, menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan dari jawaban responden pada setiap indikator variabel Y memiliki nilai rata-rata sebesar sebesar 3,41 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 dan termasuk pada kualifikasi “Tinggi”; 3) Manajemen kurikulum merdeka dalam mempengaruhi mutu pendidikan di Sekolah Menengah Bawah dan Sekolah Menengah Atas Karya Budi Cileunyi sebesar 92% sedangkan sisanya 8% dipengaruhi oleh fackor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Merdeka; Mutu Pendidikan
Subjects: Education > Organization of Education
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wardah Dewi
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:08
Last Modified: 16 Jul 2024 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91638

Actions (login required)

View Item View Item