Analisis Filsafat Cinta Maulana Jalaluddin Rumi terhadap Hubbul Wathan Minal Iman Hadratussyekh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari

Kusnadi, Muhammad Farhan (2024) Analisis Filsafat Cinta Maulana Jalaluddin Rumi terhadap Hubbul Wathan Minal Iman Hadratussyekh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh makna cinta yang begitu luas. Sebagian orang menilai cinta hanya terikat interpersonal semata, tidak memiliki kaitannya depan apapun selain terhadap personal. Namun kenyataannya cinta sejati lebih luas dari sekedar ikatan individu semata. Tujuan disusunnya penelitian ini untuk memahami esesni dari cinta itu sendiri sebagai perjalan hidup manusia. Dengan diawali memahami makna cinta dalam filsafat cinta Jalaluddin Rumi dan selanjutnya mendalami makna Hubbul Wathan Minal Iman KH. Hasyim Asy’ari sebagai pedoman perjalanan cinta kepada Tuhan melalui filsafat cinta Jalaluddin Rumi. Metode penelitian yang digunakan oleh karya tulis ini adalah metode kaulitatif dengan studi pustaka. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persepsi cinta universal yang dikemukakan oleh Jalaluddin Rumi sebagai bentuk transformatif untuk mencapai hubungan dengan Tuhan yang sempurna. Cinta kepada Tuhan diaplikasikan dalam sikap nyata cinta kepada alam semesta yang merupakan ciptaan Tuhan. Hal ini selaras dengan persepsi KH. Hasyim Asy’ari dalam mengartikan cinta sebagai menjaga keutuhan dan kedaulatan negeri dari pengaruh negatif. Cinta tanah air merupakan bentuk pengabdian kepada Tuhan karena di tanah airlah manusia menyembah kepada-Nya. Dalam teropong filsafat cinta Jalaluddin Rumi, Hubbul Wathan Minal Iman KH. Hasyim Asy’ari merupakan sebuah teologi aplikatif dari hakikat cinta yang dicurahkan kepada negara. Penelitian ini memberikan wawasan yang lebih dalam terkait cinta dan dilakukan dengan tindakan nyata dalam konteks sosial dan spiritual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hakikat Cinta; Jalaluddin Rumi; KH. Hasyim Asy'ari; Spiritual-Sosial
Subjects: Islam > Islam and Philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Kusnadi Muhammad Farhan
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:07
Last Modified: 15 Jul 2024 05:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91699

Actions (login required)

View Item View Item