Ludianingsih, Unik (2018) Kualitas pelayanan perpustakaan perbasis Radio Frequency Identification (RFId) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai perpusakaan rujukan bertaraf Internasional sekaligus instansi pemerintahan non profit, perpustakaan Dispusipda Jawa Barat dituntut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat atau pemustaka, dengan pelayanan yang berkualitas ditunjang oleh teknologi yang canggih. Tentunya teknologi yang dipilih, dengan pertimbangan mudah diterima dan mudah dioperasionalkan oleh masyarakat dari berbagai lapisan umur dan pendidikan, guna meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan. Menjawab tantangan tersebut, terhitung sejak tahun 2013, semua aktivitas pelayanan perpustakaan di Dispusipda Jawa Barat telah dilengkapi manajemen perpustakaan berbasis tekhnologi, yang dipadukan dengan perangkat keras pendukung pengelolaan perpustakaan, yaitu menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFId). RFId merupakan teknologi yang dianggap sempurna untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan perpustakaan khususnya di Dispusipda Jawa barat. Terdapat enam permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) lokasi perpustakaan yang tidak strategis, (2) ruang pembuatan kartu anggota tidak proporsional (3) SDM yang belum kompeten dalam mengoprasikan sistem RFId, (4) sistem RFId sering mengalami gangguan, (5) fasilitas perpustakaan terbatas untuk pemustaka disabilitas, dan (6) pengalokasian biaya keterlambatan buku yang tidak transparansi. Maka dari itu, tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan perpustakaan berbasis RFId di Dispusipda Jawa barat, dengan menggunakan metode kualitatif deskriftif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan studi dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa, kualitas pelayanan perpustakaan berbasis RFId berdasarkan lima dimensi (tangibles, reliability, responsiveness, ansurance, empathy) menurut Zeithml,dkk, dikatakan baik secara umum, hal ini terbukti dari keenam permasalahan yang diteliti hanya tiga permasalahan yang tidak temui kebenarannya yaitu menyangkut lokasi perpustakaan yang tidak strategis, SDM yang tidak kompeten dalam mengoprasikan sistem RFId, dan sistem RFId yang sering mengalami gangguan, hal ini dikarenakan telah dilakukan upaya sebagai alternatif untuk penanganan masalah tersebut. Hanya saja masih perlu perbaikan untuk ketiga permasalahn lainnya yang masih dirasakan keberadaannya sampai saat ini oleh petugas atau pustakawan perpustakaan Dispusipda Jawa Barat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik; Kualitas Pelayana; Sistem RFId |
Subjects: | Operations, Archieves, Information Centers > Digital Library Operations, Archieves, Information Centers > Administration and Library Management Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users Operations, Archieves, Information Centers > Circulation Services General Libraries, General Archieves, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines > Public Libraries |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Unik Unik Ludianingsih |
Date Deposited: | 15 May 2018 07:47 |
Last Modified: | 15 May 2018 07:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9190 |
Actions (login required)
View Item |