Pengaruh partisipasi orang tua peserta didik terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se Kota Bandung

Aisyak, Indra Ahmad (2024) Pengaruh partisipasi orang tua peserta didik terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan bahwasanya pelaksanaan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan madrasah diduga masih kurang berjalan karena orangtua hanya mendapatkan selembaran kertas yang berisi pembayaran keuangan madrasah, oleh karena itu partisipasi orangtua peserta didik diperlukan agar transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dapat terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan partisipasi orangtua peserta didik 2) Untuk mendeskripsikan transparansi pengelolaan keuangan 3) Untuk mendeskripsikan akuntabilitas pengelolaan keuangan 4) Untuk menganalisis pengaruh partisipasi orangtua peserta didik terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan madrasah di Madrasah Aliyah Negeri se Kota Bandung. Berdasarkan asumsi yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh partisipasi orangtua peserta didik terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan madrasah. Dalam penelitian ini dirumuskan hipotesis semakin tinggi partisipasi orangtua peserta didik maka semakin tinggi pula transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan madrasah. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriftif korelasi, 2) Sumber penelitian adalah orangtua peserta, tenaga pendidik serta kependidikan Madrasah Aliyah Negeri se Kota Bnadung dengan populasi 2.693 diambil sampel 270 orang, 3) Tempat dan waktu penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se Kota Bandung dari bulan Oktober sampai Desember 2023, 4) Teknik pengumpulan data melalui studi pendahuluan, angket, wawancara, dokumentasi dan, 5) Teknik analisis data penelitian dengan analisis statistik. Hasil analisis menunjukkan Pengaruh Partisipasi Orangtua Peserta Didik terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri se Kota Bandung memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh Partisipasi Orangtua Peserta Didik (variabel X) terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Madrasah (variabel Y) adalah positif. Dan nilai t hitung sebesar 12,591 lebih besar dari t tabel 1,990 dengan nilai signifikansi 0,012 < 0,05. Karena nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya partisipasi orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan madrasah. Nilai koefisien determinasi sebesar 65%, yang artinya varaibel Partisipasi Orangtua Peserta Didik memberikan kontribusi sebesar 65% terhadap variabel Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Madrasah. Sedangkan sisanya sebasar 35% disebabkan oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi orang tua; transparansi dan akuntabilitas
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indra Ahmad Aisyak
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:03
Last Modified: 18 Jul 2024 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91951

Actions (login required)

View Item View Item