Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Desa Wisata Situ Ciburuy: Studi deskriptif di Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Taufiqurrahman, Raihan Arkan (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Desa Wisata Situ Ciburuy: Studi deskriptif di Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Dengan memanfaatkan keindahan alam dan daya tarik budaya lokal, Wisata Situ Ciburuy menjadi salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat setempat. Pengembangan wisata ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada sektor pertanian dan membuka sumber penghasilan baru yang lebih beragam. Melalui program ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat secara signifikan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Konsep Pemberdayaan Ekonomi Desa Wisata Situ Ciburuy, proses pemberdayaan, dan hasil dari Pemberdayaan ekonomi Desa Wisata Situ Ciburuy dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat Landasan pemikiran penelitian mengadopsi teori Pemberdayaan menurut Edi Suharto (2009:57-58) suatu metode yang bertujuan untuk membantu dan mengembangkan kapasitas masyarakat sehingga mereka dapat mengambil keputusan secara mandiri dan mampu menghadapi berbagai masalah yang muncul. Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sering melibatkan perencanaan, koordinasi, dan pengembangan berbagai aktivitas dalam program atau proyek kemasyarakatan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif, dimaksudkan untuk merinci, menjelaskan, dan memberikan gambaran lebih rinci terkait objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep Desa Wisata Situ Ciburuy dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Ciburuy dilakukan dengan pendekatan yang tersusun dengan baik dan sistematis, sesuai dengan aspek-aspek yang ada dalam konsep tersebut. Proses pemberdayaan ini mencakup beberapa tahapan penting, yaitu: proses persiapan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi, yang semuanya dirancang untuk berjalan dengan baik dan terkoordinasi. Hasil pemberdayaan ekonomi masayarakat memberikan dampak positif yang signifikan, tidak hanya dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat, tetapi juga memperkuat perekonomian lokal serta membangun infrastruktur pariwisata jauh lebih baik. Kolaborasi yang kuat antara pengelola wisata, pemerintah desa serta masyarakat setempat tentunya telah membawa perubahan ekonomi yang besar bagi wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pemberdayaan Ekonomi; Desa Wisata
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Raihan Arkan Taufiqurrahman
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:19
Last Modified: 17 Jul 2024 03:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92013

Actions (login required)

View Item View Item