Hubungan pemanfaatan teknologi informasi di era digital dengan kinerja tenaga kependidikan: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bandung

Ningrum, Annisa Prawati (2024) Hubungan pemanfaatan teknologi informasi di era digital dengan kinerja tenaga kependidikan: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi telah menjadi aspek integral di berbagai sektor, termasuk dunia pendidikan. Tenaga kependidikan, yang mencakup berbagai peran dalam lingkungan pendidikan, memiliki potensi untuk mengoptimalkan kinerja mereka melalui penggunaan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi ini meliputi pengelolaan data, pengembangan materi pembelajaran digital, hingga penggunaan platform pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui Pemanfaatan Teknologi Informasi di era digital di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan Kinerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. (3) Mengetahui hubungan antara pemanfaatan teknologi informasi di era digital dengan kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Kota Bandung. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif, dengan filsafat positivisme. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran angket dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari lima alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 31 responden sebagaimana populasi dan sampel pada penelitian ini. Teknik analisis data pada peneltian ini berupa uji instrumen data (validitas, realibilitas dan analisis parsial perindikator), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi), uji determinasi. Berdasarkan hasil pengujian pada variabel X yaitu pemanfaatan teknologi informasi di era digital, sebagaimana hasil dari pengujian statistik, pemanfaatan teknologi informasi di era digital (X) pada MAN se-Kota Bandung memperoleh hasil dengan rata – rata sebesar sebesar 4,20. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi” karena berada dalam rentang 4,20 – 5,00. Maka dapat dikatakan bahwa respon tenaga kependidik terhadap indikator dalam variabel pemanfaatan teknologi informasi (X) dapat dikategorikan “Sangat Tinggi”. Hasil pengujian pada variabel Y yaitu kinerja tenaga kependidikan, yang terdiri dari lima indikator. Memperoleh hasil sebesar 4,03. Nilai tersebut termasuk dalam kategori “Tinggi” karena berada dalam rentang 3,40 – 4,19. Nilai tersebut didapatkan dari pernyataan yang terdapat dalam indikator kinerja tenaga kependidikan. Maka dapat dikatakan bahwa respon tenaga kependidikan terhadap indikator dalam variabel kinerja tenaga kependidikan (Y) dapat dikategorikan “Tinggi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi di era digital memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja tenaga kependidikan di MAN se-Kota Bandung dengan nilai yang signifikasi diperoleh yaitu 0,001 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara signifikan pemanfaatan teknologi informasi di era digital dengan kinerja tenaga kependidikan. Pengujian dengan koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 73,8% variasi kinerja tenaga kependidikan dapat dijelaskan oleh pemanfaatan teknologi informasi, sementara sisanya 26,2% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Pemanfaatan Teknologi; Kinerja Tenaga Kependidikan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Annisa Prawati Ningrum
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:56
Last Modified: 17 Jul 2024 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92034

Actions (login required)

View Item View Item