Fitri, Rahmasari Aisyah (2024) Peran bimbingan keluarga dalam meningkatkan Parenting Skill pada orang tua murid: Penelitian di Taman kanak-kanak Rabbani Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abtrak.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi 1.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I DONG.pdf Download (499kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II DING.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III DUNG.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
Abstract
Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak-anak mereka berkembang. Kualitas hubungan orang tua-anak dan keterlibatan orang tua dalam kehidupan anak dapat berdampak besar pada perkembangan sosial, keberhasilan akademik, dan kesejahteraan emosional anak. Namun, beberapa orang tua tidak dapat mendidik anak mereka dengan baik. Oleh karena itu, Taman Kanak- kanak Rabbani Bandung menawarkan layanan bimbingan keluarga kepada orang tua siswa untuk membantu siswa menyelesaikan tugas perkembangannya sehingga pendidikan dapat dioptimalkan. Dengan Program ini, orang tua murid dapat mendapatkan informasi yang tepat tentang parenting. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjabarkan peran bimbingan keluarga dalam meningkatkan parenting skill pada orang tua murid di taman kanak-kanak Rabbani Bandung, selain itu juga untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan bimbingan keluarga untuk meningkatkan parenting skill pada orang tua murid di taman kanak-kanak Rabbani Bandung dan untuk mengetahui hasil dari bimbingan keluarga untuk meningkatkan parenting skill pada orang tua murid di taman kanak-kanak Rabbani Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana penulis bisa langsung menyaksikan gambaran situasi dan kondisi kegiatan bimbingan keluarga di taman kanak-kanak Rabbani. Metode ini di pilih dengan alasan agar objek yang akan di teliti itu lebih mudah dan sesuai dengan kenyataan atau fakta, supaya dalam penelitian ini tidak ada manipulasi data. Penelitian ini berlandaskan pada teori bimbingan keluarga menurut Colley (Suwarni & Rosliani, 2020)bahwa bantuan yang diberikan kepada keluarga untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab anggota keluarga serta memberikan pengetahuan dan keterampilan demi terlaksananya kesejahteraan keluarga dan teori parenting skill oleh Hurlock yang menjabarkan kebutuhan perkembangan pada anak usia dini yang harus di penuhi. Berdasarkan hasil penelitian peran bimbingan keluarga untuk meningkatkan parenting skill pada orang tua murid bahwa dengan adanya layanan ini dapat membantu orang tua untuk meningkatkan pengetahuan mereka mengenai parenting skill sehingga dapat membantu proses pendidikan antara sekolah dan orang tua. Kata Kunci : Bimbingan Keluarga, Parenting Skill
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keluarga; Parenting Skill |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Rahmasari Aisyah Fitri |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 06:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92051 |
Actions (login required)
View Item |