Pengaruh manajemen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap peningkatan mutu pendidikan : Penelitian pada MAN 1 dan MAN 3 Kabupaten Sukabumi

Ramdani, M. Azis (2024) Pengaruh manajemen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap peningkatan mutu pendidikan : Penelitian pada MAN 1 dan MAN 3 Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (B AB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan di bidang pendidikan nasional dan merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia secara menyeluruh. Salah satu solusi pemerintah untuk peningkatan mutu pendidikan adalah dengan menyediakan skema alokasi anggaran yang dikenal dengan skema bantuan operasional sekolah (BOS). Namun, dalam pelaksanaan penyaluran dana BOS ini terkadang terjadi keterlambatan, hal ini dikarenakan beberapa masalah atau hambatan yang ada. Seringnya terjadi keterlambatan ini diakibatkan karena sekolah kurang efesien dalam mengelola dana BOS sehingga pencapaian tujuan pengelolaan dana BOS menjadi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan manajemen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di MAN 1 dan MAN 3 Sukabumi (2) mendeskripsikan peningkatan mutu pendidikan di MAN 1 dan MAN 3 Sukabumi (3) mendeskripsikan pengaruh manajemen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap peningkatan mutu pendidikan di MAN 1 dan MAN 3 Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, deisain peineilitian yang digunakan adalah eix post facto. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah guru MAN 1 dan MAN 3 Sukabumi sebanyak 44 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1)Manajemen dana bantuan operasional sekolah (BOS) di MAN 1 dan MAN 3 Sukabumi Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif yang dilakukan nilai rata-rata keseluruhan indikator yaitu 4,55 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, manajemen dana bantuan operasional sekolah (BOS) ini layak diperhatikan karena dapat mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan. (2) Peningkatan mutu pendidikan di MAN 1 dan MAN 3 Sukabumi Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif nilai rata-rata keseluruhan indikator yaitu 4,72 teirmasuk kategori sangat tinggi. Dengan demikian, peningkatan mutu pendidikan ini layak diperhatikan dengan baik karena berguna bagi madrasah dalam menerapkan manajemen dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang efektif. (3)Pengaruh variabel manajemen dana operasional madrasah (BOS) terhadap peningkatan mutu pendidikan sebesar 26,5%. Hasil uji F dan uji t menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 dan (rhitung) = 0,731 > rtabel = 0,2907, yang mengindikasikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa variabel manajemen dana operasional madrasah (BOS) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di MAN 1 Sukabumi dan MAN 3 Sukabumi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BOS; Manajemen; Mutu
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M Azis Ramdani
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:27
Last Modified: 18 Jul 2024 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92137

Actions (login required)

View Item View Item