siswa dalam pelaksanaan program Fahmil Qur’an hubungannya dengan karakter religius mereka: Penelitian korelasional di Man 2 Kota Bandung

Jolekha, Kiki (2024) siswa dalam pelaksanaan program Fahmil Qur’an hubungannya dengan karakter religius mereka: Penelitian korelasional di Man 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MAN 2 Kota Bandung, dapat dilihat bahwa program Fahmil Qur’an diikuti oleh siswa dengan intensitas yang cukup tinggi. Namun disisi lain, karakter religius sebagian siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya siswa yang melanggar atau kurang disiplin dalam mengikuti aturan sekolah. Fenomena ini menunjukan adanya kesenjangan dan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Intensitas siswa dalam pelaksanaan program Fahmil Qur’an di MAN 2 Kota Bandung. (2) Karakter religius siswa MAN 2 Kota Bandung. (3) Hubungan antara intensitas siswa dalam pelaksanaan program Fahmil Qur’an dengan tingkat karakter religius mereka. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa karakter religius siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya intensitas mereka dalam pelaksanaan program Fahmil Qur’an. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi intensitas siswa dalam pelaksanaan program Fahmil Qur’an maka semakin baik pula karakter religius mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial per-indikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Intensitas siswa dalam pelaksanaan program Fahmil Qur’an (X) memenuhi kriteria baik, dengan skor rata-rata angket 3,83 dalam interval 3,40 – 4,19. 2) Karakter religius siswa termasuk dalam kategori baik, dengan skor rata-rata angket 4,11 dalam interval 3,40 – 4,19. 3) Hubungan antara variabel X dengan variabel Y ditunjukkan dengan angka 0,331 yang berdada pada interval 0,20 – 0,39 dengan kriteria positif lemah. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung 2,164 lebih besar dari ttabel 1,686 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 11%, dengan 89% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Fahmil Qur’an; Karakter Religius
Subjects: Education, Research
Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kiki Jolekha
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:58
Last Modified: 18 Jul 2024 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92138

Actions (login required)

View Item View Item