Fauziyyah, Destrivia Ananda (2024) Strategi pelayanan publik Bus Trans Metro Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
Abstract
Kebutuhan terhadap transportasi yang sejalan dengan laju petumbuhan penduduk dan ekonomi yang semakin tinggi mengakibatkan meningkatnya polusi kendaraaan serta penyempitan pada infrastruktur jalan dan juga tingkat kepadatan penduduk tidak terkecuali salah satunya di kota bandung. Salah satu upaya pelayanan publik dalam mengatasi kemacetan yakni dengan penggunaan sarana transportasi publik, Pelayanan transportasi publik yang disediakan oleh pemerintah Jawa Barat khususnya Kota Bandung yaitu Trans Metro Bandung yang dinaungi oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung melalui surat kebijakan tentang pengoperasiian Trrans Mettro Baandung yang tertuang dalam Surat Keputusan Walikota Bandung Nomor 551.2/Kep.646-Huk/2006, dengan adanya Trans Metro Bandung ini berupaya mengatasi masalah transportasi dan kemacetan lalulintas di Koata Baandung. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh pemahaman dan mengenali sejauh mana peran BLUD UPT Angkutan dalam melakukan pengembangan strategi pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Bus Trans Metro Bandung. Peneliti menggunakan teori strategi pelayanan publik oleh Osborne dan Plastrik (2000) yaitu strategi inti, strategi pelanggan, strategi pengendalian, strategi budaya dan strategi konsekuensi. Penelitian ini menggunaakan metode penelitian deskriptif dengaan pendekatan kualitatif. Pengumpulan dataa penelitian berdasarkan observasi, wawaancara, daan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Sugiyono (2022) terdapat beberapa tahap yaitu 1) Pengumpulan data; 2) Reduksi data; 3) Penyajian data; 4) Menarik kesimpulan atau verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi pengumpulan data dan triangulasi sumber. Dari temuan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan : 1) pada strategi inti BLUD UPT Angkutan umum memiliki struktur organisasi yang telah dirancang dengan baik dan sudah menjalankan segala pelayaannya sesuai dengan SOP. 2) padaa strategi pelanggan sudah berjalan dengan baik dengan peluncuran aplikasi. 3) pada strategi pengendalian penyediaan sarana dan sarana masih belum berjalan dengan baik serta model layanan terbaru hanya masih dalam upaya perencenaan. 4) pada startegi budaya pemberian sikap pelayanan kepada masyarakat sudah bisa dikatakan cukup baik karena dilakukan dengan mengacu kepada SOP yang diterapkan respon masyarakatpun positif terhadap pemberian sikap pelayanan ini. 5) pada strarategi konsekuensi BLUD UPT Angkutan umum masih belum dikatakan melakukan pengembangan kewirausahaan karena masih hanya upaya yang masih dilakukan dan dalam perencaanan hanya sebagian yang berjalan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pelayanan Publik; Pelayanan Publik; Bus Trans Metro Bandung; Dinas Perhubungan Kota Bandung; |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Destrivia Ananda Fauziyyah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 06:57 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 06:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92232 |
Actions (login required)
View Item |