Persepsi anggota pers mahasiswa mengenai pemberitaan konflik Palestina Israel di media detik.com: Studi deskriptif pada pers mahasiswa Jurnalposmedia 2021-2022

Mutiarani, Putri (2024) Persepsi anggota pers mahasiswa mengenai pemberitaan konflik Palestina Israel di media detik.com: Studi deskriptif pada pers mahasiswa Jurnalposmedia 2021-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penyebab konflik Palestina Israel ialah pemisahan Palestina pada tahun 1917-1947 Selama Perang Dunia I, pemberitaan ini diambil disalah satu media di Indonesia yaitu media detik.com. Media ini merupakan portal berita daring pertama yang hadir di Indonesia. Dalam media detik.com juga ada pemberitaan mengenai konflik Palestina Israel yang sampai saat ini konflik anatara Palestina dan Israel belum juga menemukan ujungnya. Berdasarkan pemberitaan ini, maka selaras dengan penelitian yang dilakukan yaitu terfokus pada persepsi anggota pers mahasiswa mengenai pemberitaan konflik Palestina Israel di media detik.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi anggota pers mahasiswa mengenai pemberitaan konflik Palestina Israel pada media online melalui tiga fokus penelitian. Tiga fokus penelitian ini meliputi proses seleksi, interpretasi, dan reaksi anggota pers mahasiswa yang membaca berita di media detik.com. Penelitian ini dilandaskan pada konsep persepsi yang dikemukakan oleh Robbins (2003:160) bahwa persepsi merpakan suatu proses yang ditempuh oleh individu untuk mengorganisasikan dan menafsirkan kesan kesan indera mereka agar memberikan makna bagi lingkungan mereka. Teori ini menjelaskan bahwa persepsi merupakan upaya seseorang untuk memahami dan menafsirkan pandangan dan pendapat mereka terhdap situasi yang terjadi di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme yang memiliki cara pandang interpretative. Metode yang digunakan adalah metode studi deskriptif kualitatif yang menggambarkan hasil penelitian secara terperinci mengenai persepsi masyarakat. Hasil dari penelitian ini meliputi: proses seleksi informan memiliki intensitas yang terbilang cukup sering dalam melihat pemberitaan konflik Palestina Israel, proses interpretasi informan melalui ketertarikan dan ekspetasi informan dalam pemberitaan ini, proses reaksi informan memberikan kesan atau dampak dan pemahaman mengenai pemberitaan konflik Palestina Israel di media detik.com. Kedelapan informan mengaku bahwa pemberitaan konflik Palestina Israel ini sangat penting diketahui oleh khalayak agar memiliki sifat aware kepada sesama manusia melalui pemberitaan yang beredar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Anggota Pers Mahasiswa; konflik Palestina Israel; Detik.com;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Process > Conflict Social
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Putri Mutiarani
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:10
Last Modified: 23 Jul 2024 04:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92260

Actions (login required)

View Item View Item