Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler forum Dienul Islam hubungannya dengan perilaku keberagamaan mereka: Penelitian pada siswa anggota ekstrakurikuler forum Dienul Islam di SMKN 1 Cimahi

Putrianti, Asvina (2024) Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler forum Dienul Islam hubungannya dengan perilaku keberagamaan mereka: Penelitian pada siswa anggota ekstrakurikuler forum Dienul Islam di SMKN 1 Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kenyataan sehari-hari, menunjukkan bahwa perilaku siswa yang buruk sebagian besar disebabkan karena kurangnya pemahaman mengenai norma-norma agama bahkan mungkin lalai menunaikan kewajiban agama. Maka dari itu, kegiatan ekstrakurikuler Forum Dienul Islam diadakan dengan tujuan untuk membentuk perilaku keberagamaan siswa yang baik. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui: 1) aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Forum Dienul Islam, 2) perilaku keberagamaan siswa di SMKN 1 Cimahi, dan 3) hubungan antara aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Forum Dienul Islam dengan perilaku keberagamaan mereka di SMKN 1 Cimahi. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku keberagamaan siswa, salah satu di antaranya adalah kegiatan ekstrakurikuler yang siswa pilih, dalam hal ini adalah ekstrakurikuler Forum Dienul Islam. Jika aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Forum Dienul Islam berjalan dengan baik dan maksimal, maka dimungkinkan dapat mempengaruhi perilaku keberagamaan siswa. Hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Ha: rxy ≠ 0 = Terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Forum Dienul Islam dengan perilaku keberagamaan mereka di SMKN 1 Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan paradigma post positivisme. Dari segi analisis datanya menggunakan pendekatan kuantitatif korelasioner dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dari segi dimensi waktu, sedangkan dari segi sumber data menggunakan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Forum Dienul Islam di SMKN 1 Cimahi termasuk pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3,80, 2) perilaku keberagamaan siswa di SMKN 1 Cimahi termasuk pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 4,36, dan 3) hubungan antara aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Forum Dienul Islam dengan perilaku keberagamaan mereka di SMKN 1 Cimahi positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji korelasi product moment dengan diperoleh nilai signifikansi (0,001) < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,497 dengan interpretasi cukup kuat. Diperoleh pula nilai rhitung (0,497) > rtabel (0,297) sehingga hipotesis (Ha) diterima, yang berarti aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Forum Dienul Islam memiliki kontribusi sebesar 49,7% terhadap perilaku keberagamaan siswa dan sisanya 50,3% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa; Ekstrakurikuler Rohis; Perilaku Keberagamaan
Subjects: Religious Experiences
Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asvina Putrianti
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:53
Last Modified: 24 Jul 2024 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92479

Actions (login required)

View Item View Item