Kusdiwan, Adinda Audry Putri (2024) Prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hubungannya dengan religiusitas siswa di sekolah: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-1.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-2.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-7-12.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-13-23.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-24-53.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text (BAB III)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-54-63.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text (BAB IV)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-64-89.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
Text (BAB V)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-90-91.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1202020004_Adinda Audry_SKRIPSI-92-135-1-7.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang terjadi di SMP Triyasa Kota Bandung menunjukkan bahwa prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII dengan prestasi yang cukup tinggi. Namun di sisi lain religiusitas siswa di sekolah sebagian masih rendah. Dalam hal tersebut terlihat adanya kesenjangan sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas prestasi belajar pada mata pelajaran PAI, 2) Realitas religiusitas siswa di sekolah, 3) Realitas prestasi belajar pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan religiuitas siswa di sekolah kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa tingkat prestasi belajar siswa akan dipengaruhi oleh seberapa baik tingkat religiusitas seorang siswa. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi prestasi belajar pada mata pelajaran PAI maka semakin tinggi religiusitas siswa di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif yang melibatkan analisis korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Realitas prestasi belajar pada mata pelajaran PAI berkategori baik dengan nilai rata-rata 79,1 yang berada pada interval 70 – 79. 2) Realitas religiusitas siswa di sekolah berkategori positif dengan nilai rata-rata 3,98 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) Realitas pretasi belajar pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan religiusitas siswa di sekolah kelas VIII SMP Triyasa Kota Bandung berkategori cukup dengan nilai rata-rata 0,41 yang berada pada interval 0,41 – 0,60. Pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 17% dan sisanya 83% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan perhitungan oleh SPSS t hitung 3,465 > 2,000. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Hubungannya dengan Religiusitas Siswa di Sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korelasi; Prestasi Belajar; PAI; Religiusitas |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adinda Audry Putri Kusdiwan |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:39 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92522 |
Actions (login required)
View Item |