Fatimatuzzahro, Fatimatuzzahro (2024) Implementasi pendidikan kader ulama perempuan: Studi deskriptif pendidikan kader ulama perempuan di Lembaga Rahima. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh Pendidikan yang makin berkembang ulama yang di dominasi oleh laki-laki. Lembaga Rahima membuat sebuah program untuk memberdayakan para perempuan untuk supaya mendapatkan Pendidikan-pendidikan ulama perempuan dalam programnya Pendidikan kader ulama perempuan. Sampai pada saat ini program PUP ini telah melahirkan kader-kader ulama yang yang berhasil mengembangkan visi-misinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan empat rumusan masalah diantaranya : 1. Mendeskripsikan Perencanaan Pendidikan kader ulama perempuan di Lembaga Rahima. 2. Pendekatan dan metode pembelajaran Pendidikan kader ulama perempuan di Lembaga Rahim. 3. Evaluasi pebelajaran Pendidikan kader ulama perempuan di Lembaga Rahima. 4. Implementasi Pendidikan kader ulama perempuan di Lembaga Rahima. Sehingga dapat menjadi langkah strategis untuk melahirkan para ulama perempuan di Lembaga Lembaga Pendidikan islam. Penelitian ini berangkat dari kebutuhan Pemberdayaan Perempuan, dan banyaknya para ulama Perempuan akan tetapi kehadirannya kurang diapresiasi oleh lingkungan. Pentingnya Pendidikan kader ulama Perempuan di Lembaga rahima ini Pendidikan yang efektif untuk melahirkan ulama- ulama yang bias gender bukan hanya memahami secara tekstual saja melainkan dengan kontekstual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari peneliti berasal dari primer dan skunder. Adapun Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sementara itu, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verification. Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1. Pendidikan kader ulama Perempuan di Lembaga rahima ialah melalui program pengkaderan ulama Perempuan yang didalamnya mencakup perencanaan 2. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam Pendidikan kader ulama Perempuan di Lembaga rahima menggunakan pendekatan orang dewasa (Andragogy) 3. Pendidikan pengkaderan ulama Perempuan di Lembaga rahina berhasil dalam mendidik para kadernya dilihat dai lulusan-lulusan kader yang telah berhasil mencapai tujuannya. 4. Dalam pengimplementasian Pendidikan kader ulama Perempuan di Lembaga rahima dengan perencanaannya, metode, evaluasinya sehingga dapat terimplementasikan kepada para kadernya, dilihat dari banyaknya kader yang tersebar di berbagai wilayah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kader Ulama Perempuan; Pendidikan pengkaderan |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Adult Education Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zahro Fatimatuz |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 00:58 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 00:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92646 |
Actions (login required)
View Item |