Perencanaan Pondok Pesantren Miftahut Taufiq dalam pembinaan kedisiplinan santri ngalong: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Miftahut Taufiq Cibiru Kota Bandung

Yupitasari, Sena (2024) Perencanaan Pondok Pesantren Miftahut Taufiq dalam pembinaan kedisiplinan santri ngalong: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Miftahut Taufiq Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Perencanaan Pondok Pesantren Miftahut Taufiq Dalam Pembinaan Kedisiplinan Santri Ngalong”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mencoba menampilkan kondisi yang bersifat alami secara umum. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja program pondok pesantren Miftahut Taufiq dalam Pembinaan Kedisiplinan Santri Ngalong? (2) Peran Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren Miftahut Taufiq dalam Pembinaan Kedisiplinan Santri Ngalong? (3) Hasil Program Pondok Pesantren Dalam Pembinaan Kedisiplinan Santri Ngalong? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Untuk memberikan sikap disiplin serta tanggung jawab kepada santri, pengurus menetapkan aturan serta sanksi yang efektif, selain sanksi yang diberikan Pondok Pesantren Miftahut Taufiq juga memiliki program kegiatan MASNA (Malam Bina Santri At-Taufiq) setiap tahunnya (2) Pengasuh serta pengurus Pondok Pesantren Miftahut Taufiq memiliki peranan penting dalam program pembinaan kedisiplinan santri pengurus membuat suatu tata tertib serta sanksi/hukuman bagi santri yang melanggar agar santri tersebut bisa bertanggung jawab serta adanya rasa kedisiplinan pada diri santri tersebut dalam menuntut ilmu di Pondok Pesantren Miftahut Taufiq 3. Dari program diatas, Pondok Pesantren Miftahut Taufiq berhasil menciptakan lingkungan pesantren yang memiliki budaya disiplin. Program-program ini juga mendukung pembentukan santri menjadi individu yang berkualitas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan hidup setelah lulus dari pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Pondok Pesantren; Pembinaan; Kedisiplinan; Santri Ngalong
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Sena Sena Yupitasari Sena yupitasari
Date Deposited: 29 Jul 2024 00:57
Last Modified: 29 Jul 2024 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92659

Actions (login required)

View Item View Item