Intensitas siswa mengakses konten Islami melalui media sosial hubungannya dengan akhlak mereka dalam berinteraksi di sekolah: Penelitian pada siswa kelas XI di Ma Al-Jawami Cileunyi Bandung

Fakhrurozi, Eef (2024) Intensitas siswa mengakses konten Islami melalui media sosial hubungannya dengan akhlak mereka dalam berinteraksi di sekolah: Penelitian pada siswa kelas XI di Ma Al-Jawami Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah ditemukannya fenomena-fenomena seperti akhlak siswa kelas XI yang belum sesuai dan masih menyimpang dari nilai-nilai islam. Penulis menemukan ada sekitar 21% siswa yang masih kurang baik dalam hal berinteraksi, 33% siswa yang kurang akan tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar dan 9,5% siswa dengan rasa empati yang masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui intensitas siswa mengakses konten islami melalui media sosial siswa kelas XI di MA Al Jawami Cileunyi Bandung, 2) untuk mengetahui akhlak dalam berinteraksi siswa kelas XI di MA Al Jawami Cileunyi Bandung dan 3) untuk mengetahui hubungan intensitas siswa mengakses konten islami melalui media sosial dengan akhlak dalam berinteraksi siswa kelas XI di MA Al Jawami Cileunyi Bandung. Penelitian ini berdasarkan teori bahwa penggunaan media sosial bisa mempengaruhi akhlak seseorang. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu intensitas siswa mengakses konten islami melalui media sosial sebagai variabel X dengan dasar teori dari Horrigan yang memiliki 4 indikator, diantaranya 1) perhatian, 2) penghayatan, 3) frekuensi dan 4) durasi. Sedangkan variabelnya Y yaitu akhlak mereka dalam berinteraksi dengan dasar teori dari Soerjono Soekanto yang memiliki 5 indikator, diantaranya 1) sopan santun dalam bersikap dan bertutur kata, 2) bertanggung jawab, 3) memiliki kejujuran, 4) sikap saling toleransi dan 5) berempati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket yang disebarkan pada 42 siswa sebagai responden. Kemudian data yang diperoleh diuji dengan melakukan analisis parsial, uji normalitas, pengujian regresi linear, uji korelasi dan uji hipotesis. Semua pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Intensitas mengakses konten islami melalui media sosial siswa kelas XI di MA Al-Jawami Cileunyi Bandung berada dalam kategori rendah, dengan skor akhir yang diperoleh sebanyak 2,26 yang berada pada interval 1,5 – 2,49, 2) Akhlak dalam berinteraksi siswa kelas XI di MA Al-Jawami Cileunyi Bandung berada dalam kategori sedang atau cukup, dengan skor akhir yang diperoleh sebanyak 3,07 yang berada pada interval 2,5 – 3,49 dan 3) Berdasarkan dari data hasil perhitungan, diperoleh signifikansi 0,468 > 0,05. Jika dibandingkan dengan t tabel, maka diketahui t hitung = 0,733 < 1,683, maka Ho diterima dan Ha ditolak dan dapat disimpulkan bahwa hubungan antara intensitas siswa mengakses konten islami melalui media sosial dengan akhlak mereka dalam berinteraksi tidak siginifikan dan memperoleh hasil pengaruh yang sangat kecil, yaitu sebesar 1,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Konten Islami; Media Sosial dan Akhlak Berinteraksi
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eef Fakhrurozi
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:47
Last Modified: 26 Jul 2024 06:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92689

Actions (login required)

View Item View Item