Analisis nilai-nilai karakter dalam film animasi Diva The Series dan relevansinya dengan pendidikan karakter bagi siswa MI/SD

Nurpauziah, Fahmi (2024) Analisis nilai-nilai karakter dalam film animasi Diva The Series dan relevansinya dengan pendidikan karakter bagi siswa MI/SD. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya peristiwa pergeseran atau perubahan sikap, karakter, dan moral anak yang semakin menurun serta memprihatinkan. Fenomena degradasi moral tersebut memperlihatkan bahwa pendidikan karakter belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film animasi Diva The Series; 2) Relevansi nilai-nilai karakter pada film animasi Diva The Series dengan pendidikan karakter bagi siswa MI/SD. Karakter adalah watak, akhlak atau budi pekerti yang melekat pada diri seseorang yang mengarah kepada tindakan orang tersebut, serta yang membuat dirinya berbeda dengan orang lain. Menurut Salahudin (2013), pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan moral, pendidikan budi pekerti, pendidikan watak, yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik buruk, memelihara kebaikan, serta mewujudkan dan menebar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Ada 18 nilai pendidikan karakter, yaitu : religius; jujur; toleransi; disiplin; kerja keras; kreatif; mandiri; demokratis; rasa ingin tahu; semangat kebangsaan; cinta tanah air; menghargai prestasi; bersahabat/komunikatif; cinta damai; gemar membaca; peduli lingkungan; peduli sosial; dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Terdapat 6 nilai-nilai karakter dalam film animasi Diva The Series. Nilai-nilai tersebut muncul dari 6 adegan yang telah dianalisis. Nilai-nilai karakter yang muncul antara lain : Pertama, nilai karakter membaca Al-Qur’an. Kedua, nilai karakter mengakui kesalahan. Ketiga, nilai karakter mencuci piring setelah makan. Keempat, nilai karakter memiliki ide untuk membuat sesuatu yang baru. Kelima, nilai karakter bertanya mengenai mengolah sampah. Keenam, nilai karakter yang ditemukan dalam film animasi Diva The Series adalah membuat pupuk kompos dari sampah organik; 2) Adanya relevansi nilai-nilai karakter dalam film animasi Diva The Series dengan pendidikan karakter bagi siswa MI/SD yaitu: Pertama, nilai membaca Al-Qur’an relevan dengan pendidikan karakter religius. Kedua, nilai mengakui kesalahan relevan dengan pendidikan karakter jujur. Ketiga, nilai mencuci piring setelah makan yang juga relevan dengan pendidikan karakter tanggung jawab. Keempat, nilai memiliki ide untuk membuat sesuatu yang baru relevan dengan pendidikan karakter kreatif. Kelima, nilai bertanya mengenai mengolah sampah yang setelah dianalisis relevan dengan pendidikan karakter rasa ingin tahu. Dan keenam, nilai membuat pupuk kompos dari sampah organik yang relevan dengan pendidikan karakter peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai karakter; Film animasi; Pendidikan karakter; Siswa MI/SD
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahmi Nurpauziah
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:48
Last Modified: 29 Jul 2024 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92772

Actions (login required)

View Item View Item