Pembelajaran model Problem Based Learning berbasis Flipped Classroom terhadap keterampilan literasi sains pada materi sistem ekskresi

Amalia, Riska Apriliani (2024) Pembelajaran model Problem Based Learning berbasis Flipped Classroom terhadap keterampilan literasi sains pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan literasi sains siswa, sehingga perlu adanya penggunaan model interaktif disertai pendekatan yang mendukung untuk memastikan siswa memahami dengan baik, khususnya materi sistem ekskresi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan keterampilan literasi sains, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model PBL berbasis Flipped Classroom. Dengan jumlah siswa masing-masing 34 orang, kelas VIII E dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D dijadikan sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil keterlaksanaan guru diperoleh nilai 100% dan siswa diperoleh nilai 98,86% dengan kategori sangat terlaksana. Di kelas eksperimen perolehan skor nilai rata-rata keterampilan literasi sains pada tahap pretest sebesar 56,29 dan pada tahap postest sebesar 86,94, nilai n-gain 0,72 (tinggi), sedangkan kelas kontrol perolehan skor nilai rata-rata keterampilan literasi sains pada tahap pretest sebesar 50,00 29 dan pada tahap postest sebesar 66,29, nilai n-gain 0,33 (sedang). Tingkat signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh penggunakan model PBL berbasis Flipped Classroom terhadap keterampilan literasi sains. Ditunjukan oleh kelas dengan model PBL berbasis Flipped Classroom mengalami peningkatan yang tinggi. Diperkuat dengan perolehan nilai effect size sebesar 1,8 yang menunjukkan kategori mempunyai pengaruh besar. Model PBL berbasis Flipped Classroom mendapat respon siswa sebesar 91,09% berkategori sangat baik. PBL berbasis Flipped Classroom dapat meningkatkan keterampilan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; Keterampilan Literasi Sains; PBL
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Riska Apriliani Amalia
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:15
Last Modified: 31 Jul 2024 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92810

Actions (login required)

View Item View Item