Tazkiyatunnisa, Tazkiyatunnisa (2024) Penerapan model inquiry learning dan media index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VII MTs YPP Sukamiskin Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (536kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
Abstract
Hasil studi pendahuluan di MTs YPP Sukamiskin Bandung diperoleh bahwa hasil belajar dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits di kelas VII itu kurang baik dengan nilai rata-rata 60, perlu ditingkatkan dalam hal pemilihan model dan media pembelajaran yang dilaksanakan di lembaga tersebut agar nantinya pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan hasil akan didapat dengan lebih baik. Berdasarkan hasil dari observasi peneliti di Madrasah Tsanawiyah YPP Sukamiskin Bandung diperoleh bahwa penerapan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab sudah dilaksanakan oleh pendidik di Madrasah tersebut pada kelas VII, peneliti akan mencoba menerapkan model dan media yang belum pernah diterapkan di Sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model inquiry learning dan media index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mad thabi’i, mad iwadh, mad wajib muttashil dan mad jaiz munfashil kelas VII di MTs YPP Sukamiskin. 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model inquiry learning dan media index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa model inquiry learning dan media index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena dengan model dan media tersebut siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, kritis dan menemukan sendiri suatu permasalahan dari sebuah fakta yang disajikan oleh guru dengan berbantu media index card match sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu analisis data yang digunakan adalah uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas data, uji N-gain dan uji hipotesis T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model inquiry learning dan media index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi mad thabi’i, mad iwadh, mad wajib muttashil dan mad jaiz munfashil di kelas VII MTs YPP Sukamiskin Bandung terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan hasil observasi pembelajaran di kelas eksperimen dengan skor rata-rata yaitu 83,5%. 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model inquiry learning dan media index card match pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi mad thabi’i, mad iwadh, mad wajib muttashil dan mad jaiz munfashil termasuk dalam kategori sedang dengan skor N-gain rata-rata kelas eksperimen yaitu 0,31.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inquiry learning; index card match; hasil belajar. |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tazkiya . . |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 06:03 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 06:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92816 |
Actions (login required)
View Item |