Fauziyah, Elvina (2024) Implementasi model Problem Based Learning berbantu buku teks digital terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
Abstract
Pada abad ke-21, penting bagi siswa untuk menguasai teknologi, media informasi, serta keterampilan belajar dan berinovasi, namun pembelajaran lebih cenderung pada menghafal dari pada mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan respon siswa terhadap model PBL berbantu buku teks digital pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experiment dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, Pretest, Posttest, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran memperoleh kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh nilai N-gain 0,59 dengan kategori sedang. Persentase tertinggi dan terendah keterampilan berpikir kritis siswa yaitu pada indikator menyimpulkan dan memberikan penjelasan lebih lanjut. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples Test sebesar Sig. 0,000 < 0,05. Respon siswa terhadap model PBL berbantu buku teks digital pada materi sistem ekskresi sebesar 81% dengan kategori sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantu buku teks digital pada materi sistem ekskresi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; PBL; Buku Teks Digital; KBKr; Sistem Ekskresi |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Elvina Fauziyah |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 01:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 01:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92944 |
Actions (login required)
View Item |