Implementasi model Problem Based Learning berbantu buku teks digital terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi

Fauziyah, Elvina (2024) Implementasi model Problem Based Learning berbantu buku teks digital terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Pada abad ke-21, penting bagi siswa untuk menguasai teknologi, media informasi, serta keterampilan belajar dan berinovasi, namun pembelajaran lebih cenderung pada menghafal dari pada mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan respon siswa terhadap model PBL berbantu buku teks digital pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experiment dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, Pretest, Posttest, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran memperoleh kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh nilai N-gain 0,59 dengan kategori sedang. Persentase tertinggi dan terendah keterampilan berpikir kritis siswa yaitu pada indikator menyimpulkan dan memberikan penjelasan lebih lanjut. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples Test sebesar Sig. 0,000 < 0,05. Respon siswa terhadap model PBL berbantu buku teks digital pada materi sistem ekskresi sebesar 81% dengan kategori sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbantu buku teks digital pada materi sistem ekskresi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; PBL; Buku Teks Digital; KBKr; Sistem Ekskresi
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Elvina Fauziyah
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:53
Last Modified: 01 Aug 2024 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92944

Actions (login required)

View Item View Item