Pengaruh manajemen perubahan teknologi terhadap mutu tenaga kependidikan di pondok pesantren: Penelitian di MTs dan MA Darul Arqam Putra dan Putri

Abdullah, Farhan (2024) Pengaruh manajemen perubahan teknologi terhadap mutu tenaga kependidikan di pondok pesantren: Penelitian di MTs dan MA Darul Arqam Putra dan Putri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perubahan yang terjadi pada ranah teknologi dapat kita rasakan di realitas zaman ini. Tentunya hal tersebut sangat membutuhkan pengelolaan yang baik guna terwujudnya kinerja yang efektif dan efisien. Sejalan dengan hal itu, Pondok Pesantren Darul Arqam merupakan Lembaga yang peneliti perhatikan banyak sekali mengalami proses perubahan bahkan melakukan berbagai terobosan baru pada Madrasah yang ada dalam lingkupnya. Tentunya berbagai perubahan tersebut tidak akan terlaksana apabila SDM di dalamnya memiliki mutu yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen perubahan teknologi terhadap mutu tenaga kependidikan di Pondok Pesantren Darul Arqam. Dengan adanya manajemen perubahan teknologi, diharapkan mutu tenaga kependidikan dapat lebih efektif dalam melaksanakan tugas dan beradaptasi dengan perkembangan zaman serta mengatasi tantangan teknologi. Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini yaitu kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui angket dengan pengukuran skala likert. Responden pada penelitian ini adalah tenaga kependidikan di MTs Darul Arqam Putra, MTs Darul Arqam Putri, MA Darul Arqam Putra, dan MA Darul Arqam Putri dengan total sebanyak 30 tenaga kependidikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai manajemen perubahan teknologi secara keseluruhan yang diperoleh adalah 3,66. Nilai tersebut termasuk dalam kualifikasi “Tinggi” karena berada dalam rentang interval 3,40-4,19. (2) Berdasarkan hasil perhitungan, bahwa nilai mutu tenaga kependidikan secara keseluruhan yang diperoleh adalah 3,72. Nilai tersebut termasuk dalam kualifikasi “Tinggi” karena berada dalam rentang interval 3,40-4,19. (3) Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel manajemen perubahan teknologi (X) terhadap mutu tenaga kependidikan (Y) dengan koefisien pengaruh sebesar 0,241. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai tingkat signifikansi sebesar 0,006 < 0,050 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Dalam konteks ini, besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,491 artinya bahwa variabel X dengan Y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang ‘Sedang’ karena berada pada kategori 0,400-0,599. Selain itu, berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dalam penelitian ini, sekitar 24% mutu tenaga kependidikan dapat dipengaruhi oleh manajemen perubahan teknologi. Sementara itu, sekitar 76% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar ruang lingkup manajemen perubahan teknologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perubahan Teknologi; Mutu Tenaga Kependidikan
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Farhan Abdullah
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:35
Last Modified: 12 Aug 2024 03:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92985

Actions (login required)

View Item View Item